PENDAMPINGAN RUMAH ZAKAT UNTUK KELOMPOK KULINER AL BAROKAH

GUNUNG KIDUL. Kelompok Kuliner Al Barokah adalah kelompok yang dibentuk Rumah Zakat melalui fasilitator Desa Berdaya Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul yaitu Ratno Sungkowo sejak Agustus 2017. Awalnya kelompok ini mendapatkan bantuan modal kelompok dari Rumah Zakat yang selanjutnya kelompok mendistribusikan bantuan modal kepada anggota yang berjumlah 20 pelaku usaha kecil bidang makanan atau kuliner di Dusun Jetis Kulon. Melalui mekanisme yang disepakati kelompok, semua anggota sudah mendapatkan bantuan modal berupa pinjaman tanpa bunga.

Suntikan modal untuk anggota kelompok ini bermanfaat secara langsung karena menjadi penyemangat anggota dalam menjalankan usahanya. Setiap bulan anggota mengembalikan modal tersebut kepada kelompok dengan cara diangsur tanpa bunga melalui acara pertemuan bulanan. Mas Ratno sapaan fasilitator Rumah Zakat ini yang setiap bulan mengorganisir kelompok termasuk untuk mengkondisikan ada pertemuan rutin bulanan. Pertemuan bulanan dilaksanakan di rumah anggota secara bergiliran.Setiap pertemuan
Mas Ratno selalu memberikan arahan dan tausiyah.

Pada pertemuan bulan Oktober 2018 lalu kelompok sepakat ingin mengembangkan kelompok menjadi BUMMAS atau Badan Usaha Milik Masyarakat PRA KOPERASI dimana Mas Ratno sebagai Ketua, Mbak Ariati (Bakmi Mas Hardi) sebagai bendahara, dan Mbak Mur (kupat tahu Pak Sumar) sebagai sekretaris.

“BUMMAS PRA KOPERASI Al Barokah menjadi kelembagaan berbasis syariah. Sistemnya tidak simpan pinjam tapi simpan beli. Semua anggota yang membutuhkan barang/peralatan/bahan baku untuk usahanya bisa membeli ke Pra Koperasi Al Barokah dengan sistem pembayaran diangsur” ujar Ratno.

Pada bulan Januari ini pertemuan kelompok dilaksanakan hari Sabtu (26/01/2019) di rumah Mbak Siti. Tercatat sudah ada 9 anggota yang memanfaatkan layanan Pra KoperasiĀ Al Barokah.

“Semakin banyak anggota yang memanfaatkan simpan pinjam di Pra Koperasi Al Barokah maka lembaga ini dan usaha anggotanya in syaa allah semakin berkembang kedepannya. Aamiin” tambah Ratno.

Newsroom
Hadi Yusup/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi