PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN D ANAK UNTUK KEKUATAN OTOT

vitamin-D-untuk-anakKonsumsi vitamin D dosis tinggi selama masa kehamilan memiliki kaitan dengan perkembangan otot yang lebih baik pada anak-anak, seperti disampaikan para peneliti. Penelitian yang melibatkan 678 anak-anak, yang dimuat dalam Endocrine Research, menunjukan tingkat vitamin D ketika masih dalam rahim berkaitan dengan perkembangan otot anak pada usia empat tahun.

Tim peneliti dari Universitas Southampton menyebutkan perkembangan otot yang terjadi pada masa balita dapat bertahan seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas suplemen yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sebagian besar vitamin D diperoleh melalui kulit yang terpapar sinar matahari dan suplemen yang dikonsumsi selama hamil. Sejumlah dokter telah menyuarakan kepedulian mereka terhadap defisiensi vitamin D seiring dengan perkembangan masyarakat yang semakin “mewaspadai sinar matahari” dan kaitannya dengan masalah gangguan kesehatan.

Berkaitan erat

Tim dari Universitas Southampton meneliti dampak konsumsi vitamin selama masa kehamilan. Sampel darah yang diambil dalam usia kehamilan 34 pekan dan tingkat vitamin D dibandingkan dengan bagaimana anak-anak dapat menekan benda pada usia empat tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi vitamin D dosis tinggi pada masa kehamilan mereka akan memiliki anak-anak dengan kekuatan otot yang lebih baik. Dr Nicholas Harvey mengatakan kepada BBC, bahwa: “Ada sejumlah bukti bahwa serat otot ‘cepat’ turun dalam kondisi defisiensi vitamin D dan anda mendapatkan lebih banyak lemak di otot.

Para peneliti sekarang mulai melakukan uji coba dengan 1.200 ibu hamil yang diberikan vitamin D dosis tinggi untuk menaksir dampak dari kekuatan tulang dan otot. Dr Harvey mengatakan dibutuhkan waktu yang lama untuk merasakan peningkatan kekuatan otot.

“Puncaknya pada usia dewasa sebelum kemudian menurun pada usia lanjut dan penurunan kekuatan otot pada usia dewasa memiliki kaitan dengan kesehatan yang buruk akibat diabetes, jatuh dan patah. Para peneliti mengatakan konsumsi vitamin D pada ibu hamil dapat mengurangi penyakit yang berkaitan dengan otot pada anak-anak mereka.

Sumber :liniberita.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi