PERGANTIAN TAHUN BARU ISLAM, SD JUARA CIMAHI TAFAKURI DENGAN MABIT

pergantian-tahun-baru-islam-sd-juara-cimahi-tafakuri-dengan-mabitCIMAHI. Pergantian tahun adalah salah satu tanda kekuasaan Allah SWT yang harus kita tafakuri.
Di awal tahun 1438 H ini SD Juara Cimahi mengajak siswa kelas 5 dan 6 untuk membina diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik dalam kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa).

Surat Ibrahim, surat ke 14 ayat 38 menjadi inspirasi dan do’a selama dalam kegiatan yang diselenggarakan sejak (06/10) sampai (07/10). Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan di gedung SD Juara Cimahi.

“Harapannya setiap peserta terbangun sensitifitasnya untuk secara spontan senantiasa memilih hanya yang terbaik dalam keadaan apapun.” ujar Jajang Sudarsa, Wakil kepala sekolah bagian Kurikulum.

Selain kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang rutin dilaksanakan di hari Kamis dan Jum’at, peserta didik pun diajak mengisi waktu selama MABIT. Selepas jam KBM di hari Kamis, 48 peserta ini diajak mengisi waktu siang hingga sore, dengan menyiapkan ruangan dan peralatan untuk menginap, bebenah ruang mesjid dan memasak untuk makan malam.

Semua peserta begitu menikmati kegiatan rutinitas tersebut, apalagi dilakukan bersama. Begitu sampai di jam makan semua peserta mandiri menyiapkan makanannya sendiri selama Mabit ini.
Menjelang adzan maghrib, sebanyak 38 peserta yang saat itu melakukan ibadah shaum sunnah berbuka shaum bersama. Alhamdulillah buka shaum saat itu begitu nikmat dan menyenangkan.

Selepas maghrib menjelang isya, peserta bersama guru duduk melingkar di mesjid membaca Al Quran yang semakin menambah kekhusyukan dalam Mabit itu. Selepas Isya, semua menikmati makan malam yang sejak siang sudah disiapkan bersama.

“Saat menjelang istirahat, kita isi dengan tausiyah dari Ustadz Toni Mas’ud Al Hafizh yang mengingatkan kita semua untuk senantiasa bersyukur disetiap saat dengan melakukan ibadah, belajar dan berakhlak baik.” lanjut Jajang.

Selepas istirahat malam, peserta bangun lebih awal untuk bersama melakukan shalat malam (tahajjud). Peserta begitu bersemangat dan khusyuk terlebih yang menjadi imam adalah kakak mereka Ja’far, alumni angkatan ke-2.
Sholat pun dilakukan hingga sholat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan dzikir pagi bersama. Selanjutnya semua peserta melakukan olahraga pagi dan kegiata KBM di hari Jum’at.

Kegiatan berakhir setelah sholat Jum’at, peserta menutup kegiatan dengan makan siang bersama dan refleksi kegiatan. Semua kegiatan merasa begitu maksimal mengisi dua hari ini dengan kegiatan yang bermanfaat, semoga akan terjaga di hari-hari berikutnya.

Newsroom/Jajang Sudarsa
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi