PERINGATAN HKS DI MALANG

RZ_HKS_Malang_ 20132_pictMALANG.  Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia (HKS) yang jatuh pada tanggal 7 April setiap tahunnya, Rumah Zakat menggelar berbagai kegiatan dengan tema “Kontrollah Tekanan Darah Anda” sepanjang bulan April 2013 ini.

Peringatan HKS 2013 ini dilaksanakan di 29 kota di seluruh Indonesia serentak pada tanggal 14 April 2013 dengan menggandeng Cita Sehat Foundation selaku pelaksana event. Melalui beragam bentuk kegiatan, yang kesemuanya ditujukan untuk mengajak masyarakat agar hidup sehat dengan cara menjaga tekanan darah tetap normal.

Untuk di Malang, event ini digelar di area Car Free Day yang bekerja sama dengan Jawa Pos Group (Radar Malang) meliputi aktivitas olahraga bersama seperti: jalan sehat, cek kesehatan berupa: timbang berat badan, cek kadar gula darah dan asam urat, cek tensi massal yang bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia cabang Malang. Selain itu digelar juga edukasi kesehatan berupa: pembagian brosur/leaflet, konsultasi kesehatan, bagi-bagi buah seperti: pisang gratis bagi peserta jalan sehat dan cek kesehatan.

Dalam even HKS di CFD ini melibatkan pula Anak Juara (anak binaan) Rumah Zakat serta orang tuanya ikut serta dalam jalan sehat serta berkampanye terkait Kontrol Tekanan Darah maupun kesehatan secara umum. Ada pula penampilan dari IINMAC (Ikatan Insan Nasyid Malang Cemerlang) sebagai hiburan. Selain itu ada lomba pungut sampah pada saat pelaksanaan jalan sehat. Peserta diminta memungut sampah yang ditemukan di sepanjang perjalanan, yang mengumpulkan sampah terbanyak mendapatkan hadiah dari panitia. Event Ini sekaligus untuk mensosialisasikan salah satu program Cita Sehat Foundation tentang kesehatan lingkungan, yakni sedekah sampah.

Acara ini dimulai pukul 07.15 WIB, peserta mulai melaksanakan jalan sehat disertai yel-yel dan membawa beberapa poster tentang Kontrol Tekanan Darah. Di samping itu, stan cek kesehatan juga sudah mulai dibuka untuk pengunjung Car Free Day Malang. Selesai jalan sehat dilakukan penilaian untuk pengumpul sampah terbanyak dan diberikan doorprize yang diumumkan di atas pangung CFD. Selain itu, Anak-Anak Juara juga mendapatkan games dari mentor-mentornya. Acara ini berakhir pukul 10.00 WIB dan berhasil melayani sekitar 509 Penerima Layanan Manfaat.***

Newsroom/Alfianti Dwi Rosita
Malang

Tags :
Konfirmasi Donasi