PERINGATI HARI GURU DENGAN GUEST TEACHER DAY

SURABAYA. Murid SD Juara Surabaya mulai riuh menyambut Taksi berwarna orange yang memasuki halaman SD Juara Surabaya, Kamis (25/11). Hari ini SD Juara  Surabaya mengadakan acara Guest Teacher Day atau Hari Guru Tamu. Pada acara tersebut siswa dan guru SD Juara berperan sebagai murid memperhatikan penjelasan dari guru tamu.

Tamu yang dihadirkan saat itu adalah Hj. Siti Aisyah, pemilik restoran Pecel Pincuk yang terkenal di Surabaya. Pembisnis wanita yang merupakan donatur aktif Rumah Zakat ini memberikan pelajaran cara memanfaatkan limbah organik dan nonorganik. Perempuan yang saat itu disapa Bu Guru Aisyah dengan ramah menyapa seluruh siswa SD Juara sambil berjalan masuk ke ruangan kelas. Seluruh siswa dengan semangat Juara mengikuti pelajaran yang disampaikan.

Pada awal pelajaran, Aisyah menjelaskan tentang kondisi lingkungan di sekitar Surabaya yang mayoritas dipenuhi limbah konsumsi rumah tangga. “Hayo kalau habis makan jajan biasanya sampahnya dibuang di mana?” tanya Aisyah. “Di tong sampah Bu Guru!, di tempat sampah!” jawab siswa SD Juara beragam. Pertanyaan tersebut menjadi entry point Aisyah untuk menjelaskan manfaat sampah apabila didaur ulang. Sampah tersebut dapat didaur ulang menjadi tas,pot,dompet dan pupuk. Apabila dijual dapat menghasilkan uang uang tambahan. “Uang yang dihasilkan bisa sampai ratusan juta lho!” ujar Aisyah.

Setelah menjelaskan tentang pemanfaatan sampah, Aisyah pun sempat bertanya “Anak-anak SD Juara cita-citanya mau jadi apa?” “Jadi guru Bu! Jadi astronot! Jadi presiden! Jadi tukang sampah!” Anak-anak berteriak, teriakan terakhir mengagetkan seluruh peserta. Mendengar jawaban tersebut, Aisyah berkata, “Gantungkan cita-citamu setinggi-tingginya. Seperti Barack Obama yang menuliskan cita-citanya menjadi presiden sejak kelas 3 SD”.

Newsroom/Herwin Ardianto
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi