BANK SAMPAH BINAAN RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN DI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

SEMARANG. Hari ini (21/02), Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Bank Sampah Raflesia Binaan Rumah Zakat di Kelurahan Jomblang Semarang mengadakan pelatihan bersama olah kerajinan sampah. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus bank sampah yang dipandu langsung oleh ibu Desak, ketua Bank Sampah Raflesia.

“Saya dapat banyak ilmu kerajinan sampah dari internet jadi saya ingin berbagi di Hari Peduli Sampah Nasional ini,” ujar Bu Desak.

Setelah mengajak masyarkat untuk pelatihan membuat kerajinan, kegiatan dilanjutkan dengan pemilahan dan penimbangan sampah. Usaha pengurus bank sampah Raflesia RW 1 Jomblang untuk menyadarkan warganya cukup mendapatkan respon yang baik. Hal itu terbukti dengan warganya yg sudah mulai sadar dengan sendirinya menyetor sampah ke bank sampah tanpa harus dijemput oleh pengurus. Tentu hal ini semakin meringankan kerja bank sampah.

“Alhamdulilah warga sudah aktif di Bank Sampah ini, sampai saat ini kami memiliki 116 nasabah aktif,” tambah bu Desak.

Keberhasilan sampah Raflesia RW 1 ini pun terbukti dengan omset 1 1 juta hingga 1,5jt per bulan dari rata-rata 700 kg sampah, selai itu Bank sampah Raflesia beberapa kali diikutkan oleh pemkot sebagai instrumen penilaian kebersihan lingkungan. Terakhir kali dari pihak Unilever bekerjasama dengan BLH kota Semarang memberikan peringkat Gold kepada bank sampah Raflesia, sebagai bank sampah yang sudah rapi administrasi.

“Kami juga sudah mulai masuk ke sekolah-sekolah untuk edukasi sampah dan sekaligus menawarkan kerjasama pengelolaan sampah” tutur bu Desak kepada Fasilitator Rumah Zakat.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi