PERINGATI HARI HUTAN SEDUNIA SD JUARA TANAM POHON DI HUTAN KOTA

RZ SD Juara BandungBANDUNG. Dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia, SD Juara Bandung mengadakan kegiatan Gerakan Menanam Pohon di hutan kota Babakan Siliwangi Bandung, Kamis (20/3). Para siswa juara menanam 15 pohon buah dan 30 pohon pelindung yang berasal dari dinas pertamanan Kota Bandung. “Dengan menanam pohon ini kami berharap Bandung kembali sejuk, asri, dan nyaman seperti  dahulu,“ ujar Tito Suhendar, Kepala SD Juara Bandung.

Babakan Siliwangi diresmikan oleh PBB sebagai hutan kota dunia pertama di Indonesia pada tahun 2011 silam. Namun, hutan kota yang seharusnya menjadi paru-paru kota ini nyatanya masih belum banyak termanfaatkan oleh warga Bandung sendiri. Melihat kondisi banjir yang marak terjadi dimana-mana, tentu penting keberadaan hutan kota ini sebagai daerah resapan air dan memberikan pasokan oksigen yang cukup besar bagi warga Bandung.

Hutan pada umumnya memiliki peranan dalam kehidupan diantaranya sebagai penyimpanan air hujan, mencegah erosi, pengaturan iklim, tempat tinggal flora dan fauna endemik, dan tentu sebagai sumber kehidupan manusia. “Tujuan dari gerakan menanam pohon ini merupakan salah satu pembelajaran kepada siswa juara akan pentingnya menjaga kelestarian hutan sebagai kecintaan kita kepada lingkungan hidup,” tambah Tito.  Kegiatan Gerakan Menanam Pohon dibuka dengan penyampaian informasi mengenai kelestarian lingkungan melalui cerita menggunakan boneka. Selain itu siswa juara juga diedukasi melalui praktik cara mencangkul, menggali tanah, dan menanam pohon secara langsung.

“Informasi tentang pelestarian lingkungan harus disampaikan dengan cara yang menarik agar anak-anak ini dapat memahami dengan baik, dan harapannya sampai mereka dewasa nanti ilmu ini akan tetap melekat dan dipraktikan dalam kehidupan,” ujar Enok bagian kesiswaan SD Juara Bandung.***

Newsroom/Sri Agustina
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi