PERINGATI HARI PAHLAWAN, SISWA SD JUARA SAMBANGI PEJUANG 45

SEMARANG. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sebanyak 25 siswa SD Juara Semarang mengunjungi Museum Mandala Bhakti, Kamis (8/11). Disana mereka bertemu dengan Eyang Soedijono salah satu pejuang yang ikut berjuang dalam pertempuran lima hari Semarang.

Satu persatu anak-anak menyalami Eyang Soedijono. Mereka sangat antusias untuk mengenal lebih dekat sosok pejuang  yang berusia 88 tahun tersebut. Banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa dalam pertemuan yang singkat itu dikarenakan eyang Soedijono terikat jadwal ngantor di Gedung Juang.

“Kami mewakili generasi muda dan pelajar Indonesia mengucapkan banyak terima kasih kepada eyang yang telah turut berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan membela tanah air, ” ujar Oktavia salah satu siswa yang ikut. “Eyang juga berterima kasih atas perhatian dan hadiah yang diberikan, mengingatkan apa yang pernah eyang alami ketika ikut bertempur selama lima hari disini,” timpal eyang Soedijono ketua paguyuban veteran pejuang pertempuran lima hari Semarang.

Berikutnya bergantian siswa melontarkan pertanyaan seputar perjuangan kemerdekaan dan pertempuran lima hari Semarang. Dengan semangat Eyang Soedijono menjelaskan dan menerangkan bagaimana situasi dan kondisi ketika perang. Sebagai bentuk terima kasih kepada pejuang siswa SD Juara mempersembahkan sebuah lukisan tugu muda dan karikatur para pejuang yang dilukis oleh Muhammad Jerry Pratama, siswa kelas III. Setelah puas mendengar cerita dan penjelasan Eyang Soedijono siswa kembali ke sekolah lagi untuk melanjutkan perjuangan mereka yaitu giat dan tekun belajar.***

Newsroom/Joko Kristiyanto
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi