PERMAINAN MAKE A MATCH DAN TTS UNTUK PEMBINAAN ANAK ASUH

SAMARINDA. Pembinaan untuk anak asuh Rumah Zakat cabang Samarinda digelar Senin (17/10). Tema yang diangkat tentang ‘Halal dan Haram’. Pengisi pembinaan oleh mentor dan korwil yang rata-rata mahasiswa keguruan (ada juga guru PAUD). Dalam kegiatan ini sepakat menerapkan model-model pembelajaran dalam kegiatan pembinaan.
 
Untuk kegiatan pembuka agar anak-anak tertarik dan fokus, mentor menguji sejauh mana pengetahuan mereka tentang hewan-hewan mana saja yang termasuk halal untuk dimakan dan mana yang haram dimakan menggunakan games “Make a match”. Disini anak-anak akan memasangkan gambar hewan yang halal dimakan pada tabel bertuliskan halal dan hewan yang termasuk haram dimakan pada tabel bertuliskan haram. Setelah terisi penuh tabel ini akan menjadi media yang akan membantu mentor menjelaskan mengapa hewan pada tabel haram hukumnya haram dimakan, dan hewan pada tabel halal suatu saat bisa mendapat hukum haram dimakan pada kondisi tertentu.

Kegiatan ditutup dengan evaluasi untuk menguji sejauh mana hasil serapan materi yang disampaikan oleh mentor menggunakan “TTS (teka teki silang)” berisi 10 soal. Yang menarik adalah setiap anak yang berhasil menjawab akan mendapat hadiah, semakin banyak mereka bisa menjawab maka semakin banyak hadiah yang boleh mereka ambil. ***

Newsroom/Halimah Tussadiyah
Samarinda

Tags :
Konfirmasi Donasi