PERSIAPAN LAHIRAN DOMBA, PETERNAK PERBAIKI KANDANG

RZ LDKO CilegonGARUT. Memasuki masa hamil tua domba yaitu lima bulan, selain kebersihan kandang yang harus terjaga, kandang khusus melahirkan juga harus disiapkan. Hal ini pun dilakukan peternak Jumaha, salah seorang peternak binaan RZ bersama Masyarakat Ternak Nusantara (MTN) di Garut.

“Pak Juhama Alhamdulillah sedang memperbaiki kandang khusus untuk persalinan domba supaya aman dan nyaman serta selamat,” kata Yusep , Pendamping Masyarakat ternak daerah Cilawu, Garut Jawa Barat.

Yusep menambahkan, bahwa Ia dan Peternak binaan lainnya, akan mempersiapan kandang melahirkan ini mengingat kegunaannya untuk bisa menyelamatkan indukan maupun anakannya saat proses melahirkan.

Dalam memelihara sapi, kambing, domba, kandang ternak merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan selain bibit. Perkandangan penting karena tidak sekadar membangun kandang yang memenuhi syarat teknis, tetapi juga terkait dengan aspek lainnya, seperti ketersedian sumber air, ketersedian sumber pakan, peralatan pemeliharaan, letak lokasi terhadap perumahan dan jalan, ketersedian kendaraan, tempat sampah, dan penanganannya.***

Newsroom/Hartini
Garut

Tags :
Konfirmasi Donasi