P&G HADIRKAN PAUD CIPUTAT DENGAN TARGETKAN 1.000 BALITA CERDAS

JAKARTA. Bambang Sumaryanto, External Relationship Director P&G secara resmi melaunching Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman Posyandu di Jalan Jalak II RT 01 RW 4 Kelurahan Sawah Kecamatan Ciputat. Peresmian ini ditandai dengan pembukaan tirai plang PAUD Mawar, Kamis (25/11). Acara ini juga dimeriahkan dengan aksi Siaga Sehat dari tim kesehatan Rumah Zakat.

Dalam kurun 12 tahun terakhir, P&G memang fokus pada pembinaan anak usia dini. Oleh sebab itu, tahun ini P&G bekerjasama dengan Rumah Zakat dalam program PAUD Juara, PAUD Taman Posyandu, Empowering Centre dan Revitalisasi Posyandu.

Bambang menjelaskan, “kebetulan P&G punya tema pemberdayaan masyarakat yang fokus terhadap kesehatan, pendidikan anak dan pendidikan untuk life skill. Hal itu kami lihat mirip dengan konsep Rumah Zakat dan secara visi relatif sama sehingga kalau kita gabung bisa sinergi”. Ia mengungkapkan, kegiatan yang P&G rancang bersifat jangka panjang. Dalam bantuan tersebut, P&G dan Rumah Zakat berkomitmen untuk tidak memberikan bantuan cash kepada pihak mana pun. “Yang kami berikan adalah bantuan fisik dan nonfisik. Bantuan fisik adalah sekolah dan bangunan. Yang lebih penting sebagian besar adalah program yaitu infrastruktur nonfisik, misal training guru, fasilitas anak-anak, buku untuk mengembangkan golden age,” ungkap Bambang.

Menurut Bambang, “indikator keberhasilan dari program PAUD adalah kalau  selama dua tahun masih survival itu berarti sukses. Ibaratnya memberikan keterampilan orang untuk memancing bukan sekadar memberikan ikannya.” tegasnya.

Rachmat Ari Kusumanto, CEO Rumah Zakat yang hadir dalam peresmian itu menyatakan, “program PAUD Juara merupakan amanah dari P&G untuk membuat model-model PAUD. Jadi, PAUD yang kita kembangkan adalah PAUD Juara. Targetnya adalah 1.000 balita tercerdaskan pada tahun 2011 dari anak usia dini hingga enam tahun kita ajak untuk belajar di sini”.

Wilayah yang dipilih menjadi obyek realisasi program ini adalah Ciputat yang tersebar di tujuh titik yaitu lima PAUD Taman Posyandu di Kelurahan Sawah dan dua PAUD Taman Posyandu di Kelurahan Rempoa, Ciputat Timur. Untuk mencapai target 1.000 balita cerdas ini, Rumah Zakat telah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada calon orang tua siswa tentang pentingnya PAUD. Dilakukan pula penerimaan siswa baru secara berkala hingga memenuhi target program. Hingga kini, jumlah anak yang sudah terdaftar di PAUD Juara Rempoa dan Kampung Sawah tercatat sebanyak 354 siswa. Selain itu, Rumah Zakat juga melakukan pelatihan kader PAUD, mengadakan pusat pemberdayaan masyarakat terpadu, menfasilitasi infrastruktur dan kelengkapan PAUD untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa. Dalam program ini Rumah Zakat melibatkan tim yang bertugas setiap hari untuk mempermudah pengawasan dan penyelesaian tantangan yang mungkin muncul.***

Newsroom/ Sucipto
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi