PGN GELAR LAYANAN PHBS DI KELURAHAN LEBUNG GAJAH

RZ_pGN_lmbang2PALEMBANG. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Kondisi sehat dapat dicapai dengan mengubah perilaku dari yang tidak sehat menjadi perilaku sehat dan menciptakan lingkungan sehat di rumah tangga. Oleh karena itu, kesehatan perlu dijaga, dipelihara dan ditingkatkan oleh setiap anggota rumah tangga serta diperjuangkan oleh semua pihak.

Penerapan PHBS di rumah tangga merupakan tanggung jawab setiap anggota rumah tangga, yang juga menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/ kota beserta jajaran sektor terkait untuk memfasilitasi kegiatan PHBS di rumah tangga agar dapat dijalankan secara efektif. Salah satunya adalah Rumah Zakat yang bersinergi dengan Mobil Sehat PGN Palembang, Senin (29/4) melaksanakan penyuluhan yang dilakukan oleh salah satu dokter Rumah Zakat mengenai pentingnya PHBS di Kelurahan Lebung Gajah RT 25, dan RT 26 Perumnas Palembang Sumatera Selatan. Aksi ini dilanjutkan dengan aksi Siaga Sehat PGN Palembang. Penerima manfaat dari kegiatan ini mencapai 265 orang.

Warga lebung gajah sangat antusias dalam mengikuti serangkaian acara yang digelar. Saat diberikan beberapa pertanyaan mengenai PHBS, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ingin menjawab pertanyaan tersebut karena bagi jawaban yang paling tepat akan diberikan hadiah sehingga membuat warga bersemangat untuk menjawab.

Warga tidak hanya antusias pada saat penyuluhan tetapi juga tidak kalah bersemangat saat mengikuti aksi ini. Pelayanan yang diberikan kepada warga cukup banyak, selain pengobatan gratis dilakukan juga pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, penimbangan bayi dan batita serta pengecekan golongan darah yang dilakukan oleh tim medis dari Rumah Zakat Palembang.

Beberapa penyakit yang cukup banyak dialami oleh warga sekitar yaitu hipertensi, ISPA, Radang saluran pencernaan, nyeri otot, pegal-pegal, maagh, asam urat, dan kolesterol. Makanan tambahan juga diberikan kepada anak-anak yang ikut melakukan pengobatan. Selain berobat, banyak juga warga yang melakukan pengecekan golongan darah mulai dari anak-anak berusia 3 tahun hingga orang dewasa yang berusia lebih dari 70 tahun.

Seorang anak kecil pun berkomentar mengenai kegiatan yang  digelar, “Saya senang sekali bisa berobat gratis disini, karena biasanya saya harus berjalan jauh untuk bisa sampai ke puskesmas,” ujar Maulana (8). Warga lainnya juga mengharapkan bahwa kegiatan ini tidak sekali saja dilaksanakan, minimal satu bulan sekali di wilayah mereka.*** Newsroom/Kandri Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi