PILOT PROJECT DOKTER KELUARGA

RZ_Dokter_keluargaJAKARTA. Pemerintah DKI Jakarta berencana dalam waktu dekat untuk mengadakan program Dokter Keluarga sebagai salah satu upaya tingginya jumlah pasien di Rumah Sakit-rumah sakit di Jakarta, Minggu (21/4).

Dokter keluarga adalah dokter praktek umum yang menyelenggarakan pelayanan primer yang komprehensif, kontinu, mengutamakan pencegahan, koordinatif, mempertimbangkan keluarga, komunitas dan lingkungannya dilandasi ketrampilan dan keilmuan yang mapan. Dokter keluarga diharapkan dapat mencegah penyakit dan memelihara kesehatan, menjadikan pasien sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat, memberikan pelayanan menyeluruh, mempertimbangkan pasien, keluarganya, andal mendiagnosis, tanggap epidemiologi dan terampil menangani penyakit.

Sebelum program pemerintah berjalan, Rumah Zakat  melalui tim Kesehatan Jakarta Selatan telah menjalankan upaya ini di wilayah Integrated Community Development Pasar Minggu. Ridwan Sahidin sebagai Program Head Kesehatan mulai menjalakan program ini sejak Minggu (21/4)  di Kelurahan Pejaten Timur menjadi wilayah binaannya, namun saat ini baru memulai dari 4 kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 7 – 8 warga binaan. Dr Ary, dokter yang terlibat dalam program ini mengunjungi perwakilan rumah dari tiap kelompok untuk melakukan kegiatan: penyuluhan kesehatan, konsultasi tentang berbagai penyakit, penyebab dan metode penyembuhan, dan serta cek kesehatan.*** Newsroom/Pras Purworo Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi