POSYANDU SEMAKIN MAJU DENGAN PROGRAM OMABA

2703 POSYANDU SEMAKIN MAJU DENGAN PROGRAM OMABABANDUNG, Kamis, (23/03) Siaga Posyandu kembali digelar di Kota Bandung tepatnya di RW 15 Kel. Babakan Sari, Kec. Kiaracondong.

Posyandu dimulai dengan pendaftaran balita, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan kesehatan lalu  pencatatan buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Seperti biasa, usai pencatatan buku KMS, para orangtua yang hadir di Posyandu mendapat materi penyuluhan kesehatan. Kali ini, giliran Bidan Wulan yang menyampaikan materi mengenai tumbuh kembang anak.

Kegiatan ditutup dengan pemberian makanan tambahan (PMT). Usai pemberian PMT, Fadhli, Public Health Cita Sehat Bandung memberikan sosialisasi mengenai program OMABA kepada para orangtua.

“OMABA adalah singkatan dari Ojek Makanan Tambahan. Sebuah program yang saya gulirkan di beberapa wilayah di Kota Bandung untuk menuntaskan masalah gizi buruk pada balita. Jadi kami mendatangi balita untuk memberikan PMT hasil racikan yang mengacu langsung pada Kemenkes. Selain di Kiaacondong, OMABA ini telah diterapkan di Kelurahan Gumuruh dan beberapa wilayah binaan lain di Kota Bandung,” tutur Fadhli.

Menurut keterangan Fadhli, semenjak digulirkannya program OMABA, kasus gizi buruk di wilayah binaan Rumah Zakat bersama Cita Sehat perlahan menurun. Dengan beragam program yang digulirkan di Posyandu juga, para orangtua semakin tertarik membawa balitanya ke Posyandu.  Pernyataan ini didukung oleh Eni, kader Posyandu Kiaracondong.

“Jumlah balita yang hadir pada kegiatan kali ini ada 105. Balita yang mengikuti Posyandu semakin hari semakin meningkat. Apalagi dengan adanya program OMABA. Tur nuhun Rumah Zakat dan Cita Sehat atas perhatiannya di wilayah Kiaracondong,” Ujar Eni.

Newsroom/Nurul Rahayu

Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi