PRANATA ANDESTA, ANAK JUARA YANG BERAMBISI JADI GURU

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. Setelah 1 tahun lalu, RZ bersinergi dengan PT. MedCo E&P Indonesia dalam program beasiswa ceria bagi 70 Orang anak di Pelembang. Kini, hasil sinergi telah menampakan keberhasilan yang menggembirakan pada para penerima manfaatnya. Adalah Pranata Andesta, siswa kelas 3 SMP Babat Supat kelahiran 05 Agustus 1999 menjadi salah satu contoh adanya perubahan pada dirinya.

Ayahnya yang hanya seorang pekerja buruh serabutan biasa, tinggal serumah bersama di perkebun yang berjarak setengah jam dari pemukiman desa. Pranata tinggal bersama dengan ibu tiri yang juga kadang tidak tinggal bersamanya, kakak pertamanya bekerja sebagai buruh di kota, Pranata lebih sering tinggal bersama dengan adiknya di kebun tersebut.

Kondisi tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi Pranata yang bercita-cita menajdi Guru. Semenjak mendapatkan beasiswa dari RZ bersama PT. Medco E&P, sedikit demi sedikit sikapnya telah berubah. Tingkat akademik di sekolah cukup baik dan mampu masuk rangking 10 besar. Dia terpilih sebagai wakil sekolah untuk mengikuti kegiatan jambore pramuka Tingkat Kecamatan dan hubungan dengan keluarga yang kurang akrab menjadi lebih akrab seperti saling mengingatkan tentang agama dan sholat.

Tidak hanya pada diri Pranata, perubahan itu nampak pada orang tuanya setelah mengikuti aktivitas pembinaan rutin. Ayahnya yang tadinya sering pergi meninggalkan keluarga berlama-lama, sekarang tidak lagi semenjak pranata mendapatkan beasiswa, dan beliaupun aktif menyempatkan diri untuk mengikuti pembinaan yang diadakan. Lebih memaksimalkan kebun yang dimiliki untuk bercocok tanam demi menghidupi keluarganya.***

Newsroom/Susilowati
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi