PRODUK PEMUTIH GIGI DAPAT MERUSAK ENAMEL

Beberapa minuman seperti jus jeruk dan kopi dapat membuat Anda kehilangan warna putih alami gigi. Tetapi jika Anda menggunakan produk pemutih gigi sebelum tidur, Anda akan mengalami berkurangnya enamel gigi dan mungkin akan meninggalkan rasa nyeri pada gigi ketika Anda bangun tidur di pagi hari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry menemukan bahwa usaha memutihkan gigi dengan produk pemutih gigi dapat menyebabkan lapisan luar yang keras dari gigi menjadi tipis yang mungkin akan menyebabkan gigi sensitif, iritasi, dan pembusukan. Peneliti menguji lima merek utama pemutih gigi yang mengandung hidrogen peroksida atau peroksida karbamid. Produk tersebut diterapkan terhadap 65 sampel gigi manusia sesuai dengan instruksi pabrik. Dalam semua kasus, ditemukan beberapa sampel gigi yang kehilangan enamel pada skala nanometer.

“Anda tidak dilarang menggunakan produk pemutih gigi, tapi yang perlu Anda ingat adalah produk tersebut juga memiliki efek samping,” kata Shereen Azer, BDS, MSc, MS, asisten profesor pada Division of Restorative and Prosthetic Dentistry di Ohio State University’s College of Dentistry seperti dilansir rodale, Senin (30/4).

Jika gigi Anda terlalu sensitif atau Anda khawatir terhadap efek samping dari produk pemutih gigi, berikut beberapa cara memperkuat enamel gigi, antara lain:

1. Kunjungi dokter gigi secara teratur
Mintalah dokter gigi Anda untuk membersihkan gigi Anda secara profesional setiap enam bulan sekali. Hal ini dapat membantu mengurangi kebutuhan Anda akan produk pemutih gigi.

2. Minum susu
“Lemahnya enamel sebenarnya karena hilangnya kalsium, tetapi tubuh Anda memiliki kemampuan alami untuk memperbaikinya. Hilangnya kalsium dapat kembali setelah beberapa saat dari air liur Anda,” kata Azer. Anda dapat membantu memperkuat enamel dengan memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi sumber kalsium, seperti susu, sereal dan ikan sarden.

3. Gunakan pasta gigi yang lebih baik
“Enamel terbangun dari kalsium yang terkandung dalam pasta gigi remineralisasi atau pada pasta gigi dengan gel fluoride,” kata Azer. Gunakanlah pasta gigi yang bebas dari sodium laurel sulfat yang dapat mengiritasi gusi.

4. Ganti sikat gigi Anda
“Beberapa sikat gigi, jika tidak digunakan dengan benar, dapat melemahkan email gigi,” kata Azer. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut, bukan yang keras.

 

Sumber: www.detikHealth.com

Tags :
Konfirmasi Donasi