PROGRAM BANK SAMPAH, SALAH SATU SOLUSI PENCEGAHAN BANJIR IBU KOTA

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Hujan deras yang terus mengguyur Ibu Kota sejak Minggu malam hingga siang ini membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman warga kebanjiran. Aktivitas warga Jakarta pun nyaris lumpuh.

Menurut pantauan beberapa media, sejumlah ruas jalan yang tergenang air dengan ketinggian antara 20-70 centimeter ini diakibatkan karena curah hujan yang terus menerus mengguyur Jakarta dan minimnya fungsi drainase perkotaan yang kurang mampu mengalirkan air permukaan ke sungai juga menjadi penyebab utama.

Tidak terkecuali salah satu wilayah binaan RZ di Kampung Kober. Di Lokasi ini, RZ telah sukses menggulirkan program Bank Sampah bersama ZIS Rohis Listasarta. Semangat para kader lingkungan dalam mengkoordinir segala pelaksanaan program Bank Sampah ini, membuat wilayah ini berhasil diberdayakan.

Namun begitu di sayangkan, saat kampung Kober harus dilanda banjir setinggi 1,5 meter. Tim Aksi Peduli bencana RZ, langsung turun untuk menyalurkan bantuan kepada para korban banjir Jakarta.

“Alhamdulilah, RZ telah menyalurkan bantuan 208 paket kornet Superqurban dibeberapa wilayah yang tergenang banjir,” tutur Rio, penanggung jawab penyaluran bantuan RZ.

Rio menambahkan, bahwa Kampung Kober sudah menjadi langganan saat bencana banjir melanda. Kondisi air keruh bercampur sampah menjadi pemandangan yang lumrah terjadi di kampung tersebut. Namun, sejak digulirkannya program Bank Sampah, kondisi sampah di Kampung Kober sedikitnya telah berkurang.***

Newsroom/Diki Taufik
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi