INDRAMAYU. (12/09) Rumah Zakat bersama ZIS Indosat berkolaborasi dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya melalui Desa Berdaya ZIS Indosat di Blok gablog RT 005 RW 001 Desa. Tegalurung Kec. Balongan Kab. Indramayu, Jawabarat.

Salah satu program yang sudah bergulir adalah KUBE (Kelompok
Usaha Bersama), dalam KUBE ini Fasilitator Desa Berdaya menggulirkan program modal bergulir KUBE.

Program ini ditujukan untuk warga Desa Tegalurung yang mempunyai usaha, baik usaha yang memproduksi sesuatu atau usaha berdagang. Sejak program ini digulirkan 16 orang sudah menjadi anggota.

“KUBE sekarang beranggotakan 16 orang, tujuan dari program ini yaitu membantu warga dalam hal permodalan dan mengikis kebiasaan warga meminjam uang ke rentenir” Tutur Lastri Mulyani, Fasilitator Desa Berdaya Tegalurung pada (11/09).

Tak hanya diberikan modal usaha – lanjut Lastri – para anggotapun diberikan pembinaan rutin setiap minggu. Agenda pembinaan biasanya berisi evaluasi perkembangan usaha, sharing tentang usaha para member dan berbagi tips, serta pembinaan rohani.

Salah satu member KUBE, Nurhayati (31 th) yang memiliki usaha Siomay mengaku usahanya mengalami kemajuan setelah bergabung dengan KUBE.

“Alhamdulillah, semenjak menjadi member modal bergulir KUBE, usaha saya ada perkembangan. Dari program KUBE ini saya bukan hanya mendapatkan modal usaha tetapi juga mendapatkan pembinaan dan bimbingan usaha dari Fasilitator Rumah Zakat sehingga saya semakin termotivasi untuk terus mengembangkan usaha saya.”

“Alhamdulillah, Program ini mendapat respon luar biasa dari para member, mereka senang. Semoga kedepannya program KUBE ini terus berjalan dengan lancar, Aamiin…..” Ujar Lastri.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Indramayu