PROGRAM RAMAH LANSIA SAMBANGI KELURAHAN MACCINI DI MAKASSAR

PROGRAM RAMAH LANSIA SAMBANGI KELURAHAN MACCINI DI MAKASSARMAKASSAR. Salah satu indikator keberhasilan dari pembangunan kesehatan di Indonesia adalah meningkatnya angka harapan hidup. Indikator tersebut bisa terlihat dengan semakin meningkatnya populasi lansia. Sebagai upaya untuk meningkatkan angka harapan hidup, Rumah Zakat dan Cita Sehat Foundation sebagai mitra kesehatan Rumah Zakat bersinergi dengan Puskesmas Maccini menggulirkan program Ramah Lansia.

Rabu (09/05) pagi, Rumah Zakat bersama Cita Sehat mengadakan program Ramah Lansia di Kelurahan Maccini untuk pertama kalinya. Para lansia sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya. Kegiatan dimulai dengan registrasi, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan metabolik.

Selain fasilitas pemeriksaan kesehatan, adapula penyuluhan kesehatan mengenai cara pencegahan meningkatnya gula darah yang disampaikan oleh Nani Andhani, A.Md Kep. Materi tersebut dipilih berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim pelaksana yang menemukan bahwa rata-rata gula darah lansia di wilayah Maccini mencapai 200.

“Alhamdulillah saya baru pertama kali ikut pemeriksaan kesehatan seperti ini, ternyata gula saya tinggi, jadi saya harus rutin periksa gula. Terima kasih Rumah Zakat.” Ujar Hafsah (62), salah satu penerima manfaat.

Meskipun program Ramah Lansia baru pertama kali dilaksanakan, akan tetapi minat dan antusia dari warga sangat tinggi, terbukti sebanyak 60 orang hadir dalam kegiatan tersebut. Usai pemeriksaan dan penyuluhan, kegiatan ditutup dengan pembagian makanan tambahan berupa bubur dan kurma.

Newsroom/Dian Ekawati

Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi