PT ENERGASINDO HEKSA KARYA DUKUNG SEMANGAT WIRAUSAHA WARGA DESA PASIR SARI

RZ LDKO CilegonBEKASI. Sampai dengan saat ini kemiskinan masih merupakan masalah besar bagi bangsa Indonesia. Upaya mengurangi penduduk miskin telah dilakukan dari waktu ke waktu. Namun demikian, kesenjangan tingkat kemiskinan masih terlalu jauh di setiap daerah menjadikan masyarakat produktif merupakan salah satu langkah penting dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di tanah air.

Program pemberdayaan masyarakat dinilai memiliki efek jangka panjang terhadap peningkatan kesejahteraan jika dibandingkan dengan pemberian santunan tunai. Semangat kewirausahaan merupakan salah satu instrumen efektif untuk menangani kemiskinan. Dengan pembekalan, pelatihan dan semangat wirausaha setiap orang akan dituntut untuk membuat sesuatu yang inovatif.

RZ bekerjasama dengan PT Energasindo Heksa Karya menggulirkan Program Bantuan Wirausaha bagi masyarakat di Desa Pasir Sari Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Masyarakat penerima manfaat program ini merupakan masyarakat diwilayah kerja ring 1 PT Energasindo Heksa Karya yang memiliki potensi usaha mikro untuk dikembangkan skala usaha dan/atau produktifitasnya.

Program ini dilmplementasikan selama satu tahun sejak bulan Agustus 2014 – Juli 2015. Penerima manfaat program ini diseleksi melalui survei penerima manfaat dengan kriteria Memiliki jenis usaha tertentu seperti kerajinan rumah tangga, pedagang kecil eceran dengan modal usaha sendiri atau keluarga. “Berdasarkan hasil survei penerima manfaat terpilih 12 orang penerima manfaat.

Seluruh penerima manfaat di bina secara intensif oleh RZ melalui pelatihan manajemen usaha meliputi pelatihan capacity building, perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, membuat analisa usaha, pengembangan produk, strategi pemasaran, dan strategi membangun jaringan pemasaran, serta pemberian bantuan prasarana usaha dan majelis hikmah bagi seluruh penerima manfaat.

Setelah enam bulan mengikuti program ini Yoyo salah satu penerima manfaat program ini mulai merasakan dampak perubahan terhadap usahanya. “Alhamdulillah dari usaha berjualan ini dengan bantuan dari RZ dan Energasindo, saya bisa membiayai anak dan istri dan mudah-mudahan kedepannya bisa bertambah omzet dan keutungan,” tuturnya.***

Newsroom/Yuli Wulansari
Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi