PT. PERTAMINA (PERSERO) GUNUNGSITOLI BEDAYAKAN MASYAKAT MELALUI PROGRAM SEHATI DI POSYANDU

GUNUNG SITOLI. PT. Pertamina (Persero) Gunungsitoli bersinergi dengan Rumah Zakat dalam program pemberdayaan masyarakat di Desa Humene dan Desa Simanaere, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatra Utara. Program ini sedang berjalan dari bulan Agustus 2018 – Juli 2019.

salah satu Program pemberdayaan masyarakat diimplementasikan dalam Program SEHATI (Sehat Anak Tercinta dan Ibu) di Posyandu Desa Humene dan Simanaere. Program ini bertujuan untuk mewujudkan peningkatan status Posyandu dengan meningkatkan pengelolaan, peningkatan kualitas dan keterampilan sumberdaya, serta meningkatkan kemitraan dengan berbagai stakeholder.

Selama program berjalan, kegiatan hari buka posyandu dilaksanakan setiap bulan berupa Penyuluhan Kesehatan, penimbangan berat badan, pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita. Partisipasi masyarakat dari dua Desa untuk memeriksakan bayi dan balita ke Posyandu setiap bulan mencapai angka 67%.

Selain hari buka Posyandu, dalam Program SEHATI ini juga dilakukan pelatihan kader sebagai upaya untuk meningkatkan kwalitas dan keterampilan Kader Posyandu dalam menjalankan fungsi nya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam periode program sebanyak 4 kali dengan jumlah kader sebanyak 10 Orang dari dua Desa tersebut.

Tidak hanya itu, Program SEHATI juga telah melakukan peremajaan sarana dan prasarana Posyandu seperti bantuan timbangan, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar lengan, dan setup bangunan posyandu. Dengan adanya peremajaan sarana dan prasarana Posyandu diharapkan kegiatan-kegiatan Posyandu dapat berjalan dengan optimal.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi