PT PERTAMINA TBBM MEULABOH LAUNCHING PROGRAM PEMBERDAYAAN DI DESA RONDENG

ACEH. Jumat (08/06) Bertempat di Balai Serba Guna Desa Rondeng, Desa Rondeng Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat telah dilaksanakan Launching Program Pemberdayaan Masyarakat yang di sponsori penuh oleh PT Pertamina (Persero) TBBM Meulaboh.

Adapun program yang dilucurkan adalah Pemberdayaan Ekonomi dan Pemberdayaan Pendidikan. Langkah kongkrit pemberdayaan PT Pertamina adalah dengan memberikan langsung Batuan Ekonomi kepada 4 orang pelaku usaha, Bantuan pendidikan kepada 10 sekolah yang secara simbolis diberikan oleh Ibu Camat johan Pahlawan Ibu. Erni Wanti, Sh dan Penyerahan Simbolis Beasiswa Siswa untuk 6 orang siswa SDN 10 Rondeng.

Dalam Launching tersebut juga digelar Pelatihan dan pembinaan kewirausahaan untuk 40 warga Desa Rondeng dengan tujuan untuk mengidentifikasi Pelaku Usaha industri rumah tangga di Desa rondeng dan melakukan rencana pemberdayaan yang akan di laksanakan.

“Peluang dan tantangan kedepan yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah masih banyaknya pelaku usaha yang belum memadai peralatan untuk pengolahan ikan dan sulit nya dalam memalukan pemasaran produk ikan olahan dari dari pihak Desa Rondeng Melalui Badan Usaha Milik Desa Seharusnya menampun hasil produksi masyarakat” Ujar Toip, Fasilitor Rumah Zakat.

Adapun dalam pembinaan wirausaha ini para peserta mengaku serius untuk mengembangkan dan majukan usaha mereka namun mereka masih memerlukan pendampingan produksi.

“Rumah Zakat bersama PT Pertamina TBBM Meulaboh akan melakukan pemdampingan usaha agar para penerima manfaat bisa mengembangkan usahanya agar lebih maksimal” tambah Toip.

Warga desa Rodeng pun merasa bersyukur dengan program pemberdayaan yang diluncurkan oleh PT Pertamina TBBM Meulaboh karena bisa memberdayakan seklaigus memajukan Desa mereka.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi