RBG PEKANBARU GELAR CEK KESEHATAN GRATIS PERINGATI WORLD HEALTH DAY

PEKANBARU. RBG PEKANBARU GELAR CEK KESEHATAN GRATIS PERINGATI WORLD HEALTH DAYDalam rangka memperingati World Health Day (Hari Kesehatan Dunia), Klinik RBG RZ Pekanbaru mengadakan Cek Kesehatan Gratis Di wilayah Binaan RZ Pekanbaru, Perumahan Limapuluh Jalan Raja Panjang RT 03 RW 03 Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kota Pekanbaru. Untuk tahun 2016 ini Tema yg diusung dalam World Helath Day adalah “Beat Diabetes”.

Perumahan Limapuluh merupakan salah satu tempat Binaan dari RZ Pekanbaru, dimana warga di perumahan ini dibina untuk mengembangkan kebun gizi untuk di konsumsi sendiri oleh warga yang bertempat tinggal di perumahan Limapuluh ini. Pada tanggal 06 April 2016 Klinik RBG RZ Pekanbaru melakukan Pembinaan kepada anggota Kebun Gizi sekaligus Cek Kesehatan Gratis.

Kegiatan tersebut diawali dengan Penyuluhan Kesehatan dengan tema “Diabetes Melllitus” oleh Fiona Windika.
“Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Faktor risiko penyakit Diabetes Mellitus sangat erat kaitannya dengan perilaku tidak sehat seperti diet tidak seimbang dan tidak sehat, merokok, hipertensi, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol dn lain-lain,” jelasnya.

Adapun penyakit Diabetes Mellitus ini dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, sebagai berikut :
1. Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar.
2. Terapkan pola makan yang baik dan sehat.Jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan
3. Jauhkan dari kondisi stress.
4. Lakukan aktivitas fisik secara rutin.Aktifitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya.
5. Jaga berat bandan pada batas ideal.
6. Jauhi rokok dan minuman beralkohol
7. Konsumsilah berbagai bahan makanan yang bisa mencegah diabetes melitus

Itulah beberapa hal dan upaya yang harus Anda lakukan untuk dan bisa melakukan pencegahan diabetes melitus. Insya Allah dengan langkah upaya di atas Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berat dan ringan. Dan jangan lupa banyak-banyaklah Anda berdo’a kepada Allah untuk dihindarkan dari penyakit-penyakit berat. Dialah yang menurunkan penyakit dan obatnya.***

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi