RBSK SURABAYA MELUNCURKAN APLIKASI DIET GIZI SEIMBANG

RZ_Aplikasi Gizi SeimbangSURABAYA. Mungkin kebanyakan dari kita akan kesulitan jika harus mengetahui makanan apa saja baiknya yang setiap hari kita makan. Apalagi untuk orang yang bermasalah dengan kesehatan, pasti akan kesulitan jika harus sering konsultasi terkait asupan gizi yang tepat bagi dirinya. Padahal kenyataannya, makanan yang kita makan sangat berpengaruh bagi kesehatan kita. Untuk itulah, I-Smart Team berupaya memberikan solusi yang lebih mudah dan praktis bagi manusia dengan membuat aplikasi program komputer tentang “Diet Gizi Seimbang”. Bekerjasama dengan RBSK cabang Surabaya, I-Smart Team meluncurkan dan mensosialisasikan aplikasi “Diet Gizi Seimbang” tersebut kepada para member Rumah Zakat cabang Surabaya, Sabtu (16/2).

Para member di data umur, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan riwayat kesehatannya oleh tim kesehatan. Mereka juga mendapatkan penyuluhan tentang diet gizi seimbang. Selain itu juga mendapatkan penjelasan singkat tentang penggunaan aplikasi tersebut. Setelah itu, data ibu-ibu ini dimasukkan ke aplikasi dan hasilnya menjadi acuan konsultasi diet gizi seimbang.

Aplikasi “Diet Gizi Seimbang” sebenarnya memiliki cara kerja yang sederhana. Data “pasien” dimasukkan ke aplikasi. Setelah itu, akan muncul kondisi gizi si pasien. Tidak hanya itu, menu makanan apa saja yang sesuai dengan kondisi gizi si pasien juga akan muncul. Sangat sederhana dan mudah. Rencananya, dengan dimotori tenaga kesehatan RBSK, aplikasi ini akan digunakan sebagai acuan konsultasi pola makan gizi seimbang bagi para member.

Aplikasi ini memang masih belum selesai seratus persen. Masih memerlukan banyak perbaikan dan pengembangan. Sejauh ini, aplikasi ini hanya bisa dipakai melalui komputer. Selanjutnya aplikasi ini akan dikembangkan sehingga bisa digunakan melalui ponsel cerdas dan Blackberry.

“Sebagai harapan, aplikasi ini bisa digunakan masyarakat luas secara gratis, sehingga semakin banyak masyarakat yang bergaya hidup sehat melalui pola makan gizi seimbang. Karena itu, kami akan berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk instansi pemerintahan,” Kata Muthmainnah, S.Km, selaku Ketua I-Smart Team.***

Newsroom/Hisful Aziz
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi