RECOVERY BANJIR GARUT, RZ BUKA LAYANAN PIJAT BAGI RELAWAN DAN TNI

recovery-banjir-garut-rz-buka-layanan-pijat-bagi-relawan-dan-tniGARUT. Berdasarkan data BPBD Garut hari ini (27/09), banjir yang melanda Garut pada Selasa (20/9) malam yang lalu telah menyebabkan 34 orang meninggal dunia, 35 orang luka-luka, 19 orang dinyatakan hilang dan 1.326 orang mengungsi. Banjir terjadi di Kecamatan Tarogong Kidul dan Garut Kota dan mengakibatkan 2.511 unit rumah rusak.

Menanggapi hal tersebut, RZ melakukan aksi peduli bencana banjir bandang Garut sejak Rabu (21/09) pagi pekan lalu. Hingga hari ini (27/09), RZ telah mengirimkan 20 orang relawan, mendistribusikan 1500 kornet Superqurban, 1500 paket family kit dan logistik, 15.000 nasi bungkus, melakukan aksi bersih-bersih, membantu pencarian korban yang hilang, dan menggelar aksi siaga sehat.

“Hari ini (27/09), kami juga mulai membuka posko segar yang melayani pijat gratis, dan menyediakan minuman segar ataupun hangat untuk para relawan dan TNI yang bertugas.” Ungkap Herlan Wilandariansyah, Koordinator Relawan RZ.

Posko Segar sengaja dibuat untuk memberikan layanan kepada para relawan dan TNI yang bertugas tiada henti sejak bencana terjadi.
“Perlu ada yang memperhatikan kebutuhan para relawan juga, agar mereka tetap sehat dan fit selama bertugas.” Lanjut Herlan.

Tak hanya Posko Segar, sudah 5 hari ini RZ juga membuka Posko Dapur Umum yang telah memproduksi 15.000 nasi bungkus untuk keperluan makan para penggungsi.
“Dapur Umum RZ biasa memproduksi 1000 nasi bungkus untuk sekali makan, jadi dalam sehari kita biasa menyediakan 3000 nasi bungkus. Nasi bungkus ini diperuntukkan bagi pengungsi di 3 RW.” Ujar Herlan.

Saat ini, selain terus melakukan proses pencarian korban yang hilang, Relawan RZ juga mulai fokus pada kegiatan recovery wilayah terdampak banjir, diantaranya melalui aksi bersih-bersih. Untuk aksi bersih-bersih ini, dibutuhkan sumber daya yang lebih banyak baik SDM maupun peralatannya. Peralatan yang mendesak diperlukan adalah masker, sarung tangan karet, sepatu boat, cangkul, sekop, gerobak dorong, peralatan masak, mesin pompa air dan selang.

Newsroom/Dhika
Garut

Tags :
Konfirmasi Donasi