RELAWAN INSPIRASI BERDAYAKAN DAN BINA ROHANI DESA KUBANGSARI

BREBES. Kegiatan pembinaan masyarakat di desa berdaya Kubangsari terus bergeliat, salah satunya adalah program bebas buta huruf hijaiyah, yaitu program belajar membaca Al Quran untuk orang tua. Kegiatan yang diadakan setiap hari Rabu, Sabtu dan Ahad sore ini dilaksanakan di mushola Baiturrohim Rt 4 Rw 8 desa Kubangsari, kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah.

Saat ini jumlah anggota pengajian sebanyak 21 orang dari semula 10 orang dan semuanya ibu-ibu rumah tangga. Di tengah kesibukan mengurus rumah tangga mereka semangat untuk belajar Al Quran. Menurut ibu Dasmen, salah satu peserta belajar ngaji, program belajar ngaji yang diadakan oleh Rumah Zakat membuat dirinya percaya diri dan tidak malu belajar Al Quran karena banyak teman seusianya yang juga belajar.

Selain belajar membaca Al Quran para peserta juga mendapat pembinaan dari Mizan, Relawan Inspirasi desa berdaya Kubangsari diantaranya pembinaan Ruhiyah dengan penyampaian materi-materi keislaman dan pembinaan ekonomi seperti pemberian bantuan modal usaha.

Pada Ahad (24/09) pengajian diisi dengan pembahasan rencana pengelolaan kebun gizi. “Rencananya mulai September ini ibu-ibu peserta program akan mulai diberikan amanah mengurus kebun gizi, yang rencananya akan berlokasi di sebelah mushola.” Tutur Mizan. Pernyataannya tersebut langsung disambut antusias oleh ibu-ibu. Ibu Gayem pun salah satu peserta belajar mengaji yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani bersedia menjadi koordinator untuk mensukseskan program kebun gizi tersebut.

 

 

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Brebes

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi