RELAWAN RUMAH ZAKAT BANTU EVAKUASI LONGSOR MAGELANG

0205 RELAWAN RUMAH ZAKAT BANTU EVAKUASI LONGSOR MAGELANGMAGELANG. Bencana longsor menerjang pemukiman warga yang menimbulkan korban jiwa. Hujan deras yang menerjang sejak jumat (28/4) siang mengakibatkan bencana banjir bandang dan tanah longsor di 4 Dusun yaitu Dusun Sambungrejo, Nipis, Karanglo dan Deles Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

Bencana tersebut menimbulkan banyak korban jiwa. Informasi yang berhasil dikumpulkan dari Relawan Rumah Zakat yang berada di lokasi bencana, pada Minggu (30/04) pukul 22.00 Wib  bahwa terdapat 10 korban yang meninggal dunia. Para korban ditemukan di Dusun Sambungrejo dan Dusun Nipis.

Selain itu masih ada korban yang belum ditemukan juga beberapa warga sekitar mengalami luka-luka. Para korban juga warga untuk sementara waktu mengungsi di rumah kerabat terdekat yang tidak terkena dampak longsor.

Secara materil, sebanyak 71 unit rumah hancur serta sekolah dasar yaitu SDN Sambungrejo terdapat ruangan kelas dan halaman sekolah yang tertutup lumpur.

Setelah bencana longsor dan banjir bandang terjadi, sebanyak 8 Relawan Rumah Zakat yaitu Romad Syariful selaku koordinator relawan yang bertugas turun untuk melakukan koordinasi dengan BPBD, asesment kebutuhan dan ikut melakukan evakuasi korban. Pada hari Senin (01/05) ini, sebanyak 6 Relawan Rumah Zakat kembali diturunkan untuk membantu evakuasi di Dusun Deles dan membuka posko segar.

Dari hasil asesment Relawan di tempat bahwa ada bebedapa kebutuhan untuk warga dan relawan. “kebetuhan mendesak saat ini yaitu makanan cepat saji untuk warga dan relawan yang membantu evakuasi juga membersihkan lumpur dari rumah warga, lebih banyak lagi relawan evakuasi, alat kebersihan, school kit, dan hygne kit,” tutur Rohmad.

Newsroom/Yadi Mulyadi

Magelang

Tags :
Konfirmasi Donasi