RELAWAN RUMAH ZAKAT BANTU KORBAN BANJIR BANDANG DI KAPUAS

KAPUAS. Hingga Rabu (19/07) banjir bandang masih melanda beberapa kawasan di tiga kecamatan di kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Salah satu wilayah yang masih terendam banjir ada di desa Tapen, kecamatan Kapuas Tengah. Desa ini terendam karena persis berada di pinggiran sungai Kapuas Hulu yang kondisinya saat ini masih meluap dikarenakan kiriman air dari hulu sungai.

Dikatakan Paijo, ketua RT 02 desa Tapen, banjir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Dan kondisinya sekarang berangsur surut. “Seminggu yang lalu airnya mencapai satu meter lebih. Beruntung sekarang sudah berangsur surut. Tapi ini bisa saja naik kembali jika dihulu sungai sana terjadi hujan,” ucapnya kepada relawan.

Relawan Rumah Zakat Cabang Banjarmasin yang mendapatkan info banjir ini, turun langsung untuk menyalurkan bantuan. Berangkat dari Banjarmasin, dari Rabu dini hari, Relawan tiba di lokasi banjir pukul 15.00 WIB, menempuh rute jalur darat, Banjarmasin-Palangkaraya-Pujon.

Usai tiba di lokasi, relawan langsung berkoordinasi dengan pihak desa. “Dengan menempuh jarak sekitar 500 kilometer tim relawan yang berjumlah lima orang sampai di lokasi dengan selamat,” ucap Koordinator Relawan Rumah Zakat Banjarmasin, Misran Fauzi.

Sejumlah bantuan berupa bahan sembako dan alat kersihan langsung diserahkan kepada pihak desa. Juga turut disalurkan kornet daging Superqurban. Perjalanan dari Banjarmasin menuju daerah yang menjadi target penerima manfaat memakan waktu ±8 jam. Jalan yang ditempuh untuk menuju kedesa Tapen pun cukup sulit. Aksi ini membuat warga desa Tapen merasa terkesan kepada Rumah Zakat Banjarmasin, salah satunya, Mustinah ia juga salah satu warga korban banjir yang rumahnya terendam.

“Saya pribadi tidak menyangka Rumah Zakat dari Banjarmasin mau jauh-jauh datang untuk memberi bantuan, terlebih selama banjir yang terjadi beberapa hari ini kami belum mendapat bantuan. Semoga Rumah Zakat dan donatur sehat selalu”, tuturnya.

 

Newsroom/Dea Sukmara
Kapuas

 

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi