RELAWAN RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN LONGSOR MAGELANG

RELAWAN RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN LONGSOR MAGELANGMAGELANG. Hujan deras yang berlangsung sejak hari Jumat, (28/04) menimbulkan longsor di empat dusun, yaitu  Dusun Sambungrejo, Nipis, Karanglo dan Deles Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Longsor tersebut menerjang pemukiman warga yang menimbulkan korban jiwa.

Tercatat sampai pada Senin, (01/05) dampak dari bencana tersebut memakan korban jiwa sebanyak 12 orang yang sudah di evakuasi di dusun Sambungrejo, dusun Nipis dan Deles. 12 korban tersebut bernama Sutar (50), Sumisah (60), Mirah (30), Siti Mardilyah (45), Nayla (6 tahun), Catur Deni Firmanto (34), Faza (6 bulan), Pariyah, Nayla Sulistyaningrum, Jamilatun (12), Nanda, sedangkan 1 korban masih dalam proses pencarian.

Selain itu, terdapat 2 korban luka berat yaitu Sumarlan (30) dan Bidan Aryanti, sedangkan 5 warga lainnya luka ringan, yaitu Musliyah, Irfan andriyani, Munasiroh, Naila Rediyah dan Afauzi ardin.

Bencana longsor Magelang mengakibatkan kerusakan pada 71 rumah, diantaranya sebanyak 25 rumah mengalami rusak berat, 12 rumah rusak ringan dan sisanya 34 rumah terkena dampak dari longsor yang terjadi. Di sisi lain, SDN Sambungrejo ruang kelas dan halamannya tertutup lumpur tebal.

Menanggapi bencana yang terjadi, Rumah Zakat langsung menurunkan 16 relawan yang sudah berkoordinasi dengan BPBD. Selain itu meyediakan pos segar dengan 150 gelas, menyediakan air bersih, kopi, teh dan berbagai minuman hangat lainnya.

Sampai saat ini, keperluan yang dibutuhkan berupa makanan cepat saji, SDM relawan untuk keperluan proses evakuasi, alat kebersihan dan peralatan sekolah anak-anak. Kegiatan relawan Rumah Zakat dilanjutkan dengan melakukan evakuasi di dusun Deles, membersihkan sekolah dan mendirikan pos segar untuk relawan dan warga.

Newsroom/Dian Ekawati

Magelang

Tags :
Konfirmasi Donasi