RELAWAN RZ AKTIF TANGANI DAMPAK PASCA BANJIR BANDANG SUBANG

RELAWAN RZ AKTIF TANGANI DAMPAK PASCA BANJIR BANDANG SUBANGSUBANG. (26/05) Pada tanggal 22 Mei 2016 lalu telah terjadi banjir bandang. Bencana tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi yang terjadi pada pukul 17.00 WIB mengakibatkan genangan air di hulu sungai. Hingga pukul 21.00 WIB air meluap yang mengakibatkan longsor dari atas.

Dua jam kemudian terjadi longsor susulan dari atas yang paling parah. Ada 5 titik longsoran di sekitar area Kampung Cihideung, desa Sukakerti, kecamatan Cisalak, Subang yang mengakibatkan beberapa rumah tertimbun longsor dan mengakibatkan korban meninggal.

Banjir bandang tersebut berdampak kepada 378 jiwa populasi, dan berdampak kepada tiga RT sekaligus, yakni: RT 01 RW 01, RT 02 RW 01, dan RT 06 RW 02. Selain itu terdapat korban meninggal 5 jiwa, korban luka berat 6 orang, korban luka ringan 2 jiwa.

Selain itu, kejadian tersebut juga berdampak terhadap wilayah Sawah seluas 32.5 hektare. Dampak kerusakan yang ditimbulkan pun tidak kalah banyak, sebanyak 21 rumah rusak ringan, 12 rusak sedang, dan 11 rumah rusak berat.

“Sekarang ini kita masih membutuhkan kebutuhan-kebutuhan darurat seperti: pompa air untuk membersihkan rumah, alas kaki, peralatan sekolah (belum ada), plp anak-anak 3-6 tahun, alat-alat untuk perbaikan jalan : Pacul dll, alat-alat pembersihan.” Papar Reza, Relawan RZ.

Adapun upaya-upaya penanganan banjir bandang Subang yang telah dilakukan oleh Relawan RZ, seperti assesment ke lokasi bencana, membantu melakukan pembersihan lokasi terdampak , trauma healing dengan bermain dan berbagi snack bersama anak-anak.

 

Newsroom/Reza
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi