RELAWAN RZ BANTU KORBAN BANJIR SIJUNJUNG

RZ LDKO CilegonPADANG. Relawan RZ (Rumah Zakat) cabang Padang menyalurkan bantuan berupa 60 paket beras masing-masing 5 kg untuk korban banjir di wilayah Sawahlunto. Bantuan diberikan untuk meringankan korban banjir di Kabupaten Sijunjung akibat hujan deras yang mengakibatkan longsor dan banjir hebat di wilayah tersebut.

Berdasarkan arahan dari petugas lapangan dan Wali Nagari Yuswir Arifin, sebanyak 6 orang relawan RZ Padang menuju Kecamatan Kamang Baru, Kanagarian Siaua, Jorong Lemba Gunung. Akibat bencana tersebut, sebanyak 633 rumah dan 686 KK menjadi korban dari dampak banjir tersebut.

“Menurut data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sijunjung, sebanyak 5 kecamatan ikut terkena dampak dari bencana ini, yakni Kec. Kamang Baru dengan 4 nagari, 539 rumah dan 589 KK. Lalu Kec. Tanjung Gadang dengan 1 nagari, 53 rumah dan 56 KK; Kec. Kupitan dengan 1 nagari, 9 rumah dan 9 KK; Kec. Sumpur Kudus dengan 3 rumah dan 3 KK. Terakhir Kec. Sijunjung dengan 1 nagari, 29 rumah dan 29 KK,” papar Hardiwan, Pihak dari BPBD Sijunjung, Senin (11/1).

Selain bantuan beras, relawan RZ juga menyalurkan 60 paket bantuan yang masing-masing terdiri dari 2 liter minyak goreng, 1 kg gula dan 1 kaleng susu untuk setiap KK. Kedepannya, para relawan akan melakukan siaga 1 dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga volume banjir malah akan terus bertambah.

“Arus banjir semakin deras, membuat air masih meluap dan menggenangi rumah warga. Ketinggiannya mencapai 1 meter. Jika air bah tersebut datang lagi, kami para relawan siap dipanggil oleh BPBD Sijunjung untuk membantu proses evakuasi,” ujar Fandro, Koordinator Tim Lapangan dari RZ.***

Newsroom/Surianto
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi