RELAWAN RZ BERSIHKAN RUMAH WARGA DARI SISA BANJIR

RELAWAN RZ BERSIHKAN RUMAH WARGA DARI SISA BANJIRKEDIRI. Relawan RZ membantu warga membersihkan lumpur sisa banjir yang memenuhi rumah dan masjid di Dusun Sawunggaling, Desa Bagorkulon, Kabupaten Nganjuk, Minggu (13/03). Banjir yang terjadi selama 5 jam ini meninggalkan tumpukan lumpur hingga 20 cm.

“Kondisi rumah warga setelah banjir sangat kotor dan berpotensi menjadi sumber penyakit jika tidak segera dibersihkan. Untuk itu kami menurunkan 13 orang relawan, membersihkan rumah-rumah serta masjid agar bisa kembali digunakan untuk aktivitas ibadah warga,” tutur Ersanto, Koordinator Relawan RZ Kediri, Rabu (16/03).

Banjir terparah terjadi di wilayah Kecamatan Bagor dan Kecamatan Wilangan. Di Bagor, titik terparah ada di Dusun Sawunggaling, Desa Bagorkulon dengan ketinggian antara 1-2 meter, sedangkan di Kecamatan Wilangan hingga 1,8 meter.

Akibat banjir ini lebih dari 2.000 unit rumah penduduk termasuk kantor kecamatan, kantor desa, polsek, koramil, hingga sekolah dan masjid terendam. “Pintu rumah dan pagar sampai jebol, kuat sekali tekanan airnya,” ujar Nanik Suprapti (40 th), salah satu warga yang rumahnya terendam.

Selain membantu warga membersihkan lumpur, Relawan RZ juga berbagi 48 paket kornet Superqurban, mie Instan dan air mineral kepada warga.”Bantuan ini diberikan kepada warga yang terdampak banjir paling parah, terutama di masjid-masjid. Meskipun banjir sudah surut, lumpur sudah mulai berkurang, kami masih memantau kondisi di sana, dikhawatirkan ada banjir susulan karena musim hujan masih belum selesai,” ungkap Ersanto.***

Newsroom/Ersanto
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi