RELAWAN RZ PEKANBARU PELAJARI SOSIAL MAPPING

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Dalam rangka mengupgrade kapasitas para anggotanya, Relawan RZ Pekanbaru rutin melaksanakan kampus relawan setiap bulannya. Dan pada bulan ini, kampus relawan mengambil tema social mapping yang dilaksanakan di Klinik RBG Pekanbaru, Sabtu (24/01) pagi.

Koordinator Relawan RZ Pekanbaru Al Razi Izzatul Yazid mengatakan bahwanyanya kegiatan kampus relawan ini merupakan kegiatan regular tiap bulannya untuk meningkatkan kapasitas relawan RZ Pekanbaru dalam melaksanakan program dan terjun ke lapangan. Setiap bulannya silih berganti tema materinya dan bulan ini mengambil tema social mapping.

Kegiatan yang diikuti 16 orang relawan RZ Pekanbaru mengundang pemateri seorang dosen Psikologi UIN Suska Riau, Bapak Harmaini, M.Si. Pemateri mengawali dengan gambaran awal sebuah negara yang didalamnya terdapat sebuah kesatuan masyarakat terkecil yakni RT dan RW.
Dalam sebuah komunitas masyarakat tentunya memiliki banyak perbedaan dari seluruh aspek. Beliau menekankan bahwasanya perlunya menguasai pemahaman terhadap masyarakat tertentu baik budaya, bahasa, dan lain halnya agar ketika turun ke masyarakat kita dapat beradaptasi dengan segala keadaan perilaku dan pola hidup serta status sosial masyarakat yang beragam.

Kegiatan sosial mapping ini bertujuan untuk memetakan kondisi sosial masyarakat untuk target pelaksanaan program. Dengan adanya sosial mapping ini diharapkan program yang dilaksanakan di sebuah komunitas masyarakat merupakan salah satu solusi dari persoalana masyarakat yang ada. Adapun data yang diambil terdiri dari data geografi, demografi, psikografi dan pola komunikasi, kata Harmaini.

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan diskusi peserta dengan pemateri, terdapat beberapa peserta dari relawan RZ Pekanbaru mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputaran pemaparan materi yang disampaikan.***

Sumber : http://utusanriau.co/?%2Fdet%2F10925

Tags :
Konfirmasi Donasi