PENGUNGSI ROHINGYA TERIMA LAYANAN KESEHATAN DARI RZ

RZ LDKO CilegonBANDA ACEH. Setelah sebelumnya melakukan aksi di posko Lhoksukon, Aceh Utara, hari Sabtu (16/05) kemarin Relawan RZ kembali melakukan aksi peduli Rohingya di posko pengungsi Pangkalan Susu, Kab.Langkat dan posko Langsa, Aceh Timur. Berdasarkan pantauan Relawan RZ, saat ini pengungsi Muslim Rohingya di Aceh tersebar di 3 wilayah yaitu 581 orang di Lhoksukon, Aceh Utara; 790 orang di Langsa, Aceh Timur; dan 97 orang di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Di Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Relawan RZ menyelenggarakan aksi layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi para pengungsi.

“Sebanyak 69 orang menjalani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di Pangkalan Susu. Mereka selama berminggu-minggu terombang-ambing di lautan. Sebagian dari mereka bahkan ada yang terluka karena berebut makanan saat di kapal.” Ungkap Herlan Wilandari, Koordinator Relawan RZ.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tim medis RZ, kebanyakan pengungsi bermasalah di lambung. Ada yang kencing berdarah, gastritis akut sehingga harus diinfus, diare, luka-luka parah maupun ringan. Pengungsi juga mengalami mual, muntah dan pusing karena terlalu lama di laut.

Sementara itu, di posko pengungsi Langsa, Aceh Timur, Relawan RZ menyalurkan bantuan logistik berupa 6 lusin sabun mandi, 150 pcs pasta gigi, 6 lusin sikat gigi, 2 dus air mineral, 15 dus biskuit, 11 dus susu UHT, 480 kaleng Superqurban serta 4 karung besar pakaian layak pakai.

“Relawan RZ masih akan melanjutkan aksi lainnya untuk para pengungsi, diantaranya layanan kesehatan, distribusi logistik dan family kits, layanan pangkas rambut, pembukaan posko hangat dan juga trauma healing.” Jelas Herlan.

Setelah sejumlah aksi yang telah dilakukan oleh Relawan RZ, saat ini para pengungsi masih membutuhkan bantuan logistik lainnya berupa alas kaki/sandal, alas tidur, selimut atau sarung, handuk dan hygiene kits.***

Newsroom/Ria Arianti
Banda Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi