RELAWAN RZ TANGGAP BANTU KORBAN LONGSOR BANJARNEGARA

BANJARNEGARA. (28/03) Bencana longsor yang terjadi sejak 25 Maret 2016 di Desa Clapar Kec. Madukoro Kab. Banjarnegara mengakibarkan lebih dari 5 hektar tanah bergerak sejauh 1,2 km. Longsor tersebut diawali dengan hujan deras sejak sore hari sebelumnya, pada hari Kamis (24/03) persisnya.
Terdata sejumlah 9 unit rumah rusak berat, 3 unit rumah rusak sedang dan 2 unit rumah rusak ringan, sementara 29 unit rumah terancam.

Hingga pagi ini, jumlah pengungsi sebanyak 230 jiwa dari 64 KK tersebar di 4 titik pengungsian yaitu di RT 3, RT 4, RT 5 dan SD 2 Clapar. Terdiri dari 117 pria dan 113 wanita, 3 orang Ibu hamil, 6 orang bayi bawah 1 tahun, 5 orang batita, 3 orang balita, dan 25 orang lansia.

Adapun upaya yang sedang dilakukan oleh BPBD, tim relawan gabungan dari PMI, RZ, Relindo, dan lain-lain adalah pembersihan wilayah longsoran, Dapur Umum, membuka area pengungsian dan mengamankan area lokasi. Kondisi saat ini listrik mati dan akses jalan utama Kab. Banjarnegara Pagentan via Madukara terputus total.

Kebutuhan mendesak saat ini untuk warga yang berada di pengungsian adalah, logistik makanan siap saji dan bahan untuk dapur umum, layanan kesehatan dan obat-obatan di titik pengungsian, makanan bayi, dll.

“Pagi ini tim RZ bersama jaringan Relawan Inspirasi Kab. Banjarnegara mengirimkan bantuan berupa logistik bahan makanan untuk support Dapur Umum di pengungsian.” papar Warnitis.***

Newsroom/Warnitis
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi