REMAJA MASJID BAITUS SALAM ADAKAN KAJIAN TARHIB SAMBUT RAMADHAN

KEBUMEN. Rabu (24/05) Forum Remaja Masjid Baitus Salam (FORISMA) Blater, Poncowarno, Kebumen menggelar Kajian Tarhib Ramadhan di Masjid Baitus Salam. Kajian yang dihadiri 24 Remaja ini bertujuan untuk menghidupkan kegiatan remaja Masjid sekaligus menyambut bulan suci Ramadahan.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Remaja Masjid, Tokoh Masyarakat, serta pengisi kajian Kyai Wasito. Kajian tersebut adalah hasil inisiasi Amad Syarifudin, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

“Saya ingin remaja di Desa Blater ini semangat dalam mencari ilmu agama, dan kajian ini kami adakan bersama FORISMA sebagai awal untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan remaja masjid. Kita sengaja ambil moment menjelang Ramadhan agar teman-teman remaja lebih bersemangat lagi” ungkap Syarifudin.

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Risang Purnawan Nugrahanto, Ketua FORISMA dan K.H Itmam Baedhowi sebagai Perwakilan wali remaja. Dalam sambutannya, Risang dan K.H. Itmam Baedhowi sama-sama mengajak remaja untuk bersuka cita dan bersemangat dalam menyambut Bulan Ramadhan yang mulia.

“Ngaji agama bukan hanya tugas anak kecil yang masih sekolah di SD saja, tapi teman-teman yang sudah sekolah di SMP dan SMP juga harus tetap ngaji, agar dapat membentengi diri dan tidak ikut dalam kegiatan yang kurang bermanfaat,” tutur K.H. Itmam Baedhowi.

Dalam ceramahnya di Kajian Tarhib Ramadhan, Kyai Wasito mengingatkan para remaja akan sebuah hadist Nabi SAW, “Barangsiapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”.

Dari Hadits ini kita dianjurkan untuk mempersiapkan dan bergembira akan datangnya bulan Ramadhan. Kyai Wasito juga menganalogikan bahwa Ramadhan itu ibarat metamorphosis seekor kupu-kupu. Awalnya kupu-kupu hanyalah ulat, tapi dengan kerihatinannya si ulat ini berpuasa. Kemudian berubah menjadi kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang dapat terbang dengan indah.

Acara dilanjutkan dengan diskusi remaja Masjid untuk kegiatan selama Bulan Ramadhan. Selain itu juga dibahas kegiatan pemberdayaan remaja masjid yang merupakan bagian dari Program Desa Berdaya Rumah Zakat. Budidaya Ikan Lele untuk remaja putra dan produksi cokelat karakter untuk remaja putri.

Newsroom/Amad Syarifudin
Kebumen

Tags :
Konfirmasi Donasi