RENOVASI SEKOLAH, KELAS MOTIVASI, BIOSKOP DESA HINGGA TRAVELLING KE GUNUNG PADANG CIANJUR

RENOVASI SEKOLAH, KELAS MOTIVASI, BIOSKOP DESA HINGGA TRAVELLING KE GUNUNG PADANG CIANJURCIANJUR. Jumat, (28/04) peserta program Rona Nusantara memulai perjalanannya menuju Kampung Pasirtaritis, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. Peserta berangkat pada pukul 21.30 WIB dari kantor Rumah Zakat cabang Bandung. Peserta yang mengikuti program ini berasal dari berbagai kota, diantaranya Jakarta, Cimahi, Bandung, Cikarang, Majalaya, Sumedang, Lampung dan Samarinda.

“Saya sengaja cuti di hari Sabtu besok (29/4), demi bisa ikut kegiatan ini. Kapan lagi bisa sharing sekaligus travelling” ungkap Maya, salah satu peserta dari Jakarta yang merupakan seorang mahasiswa sekaligus peserta.

Tema besar dari kegiatan Rona Nusantara kali ini adalah tentang peduli pendidikan. Kampung Pasirtaritis dipilih karena di sana terdapat sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang kondisinya sangat memprihatinkan. Tidak hanya dari segi bangunan fisik, melainkan dari proses pendidikannya. Untuk memotivasi warga menyekolahkan anaknya, Kepala Sekolah dan para guru yang notabene statusnya masih honorer ini mempergunakan dana BOS dan uang gaji mereka untuk membeli perlengkapan sekolah mulai dari seragam, alat tulis, tas sekolah, sepatu hingga uang saku untuk seluruh siswa yang bersekolah di sana.

Peserta Rona Nusantara tiba di Kampung Pasirtaritis pada hari Sabtu (29/4) pukul 04.00 WIB. Setelah beristirahat sejenak, peserta pun segera bersiap untuk melakukan aksi di hari pertama. “Hari ini kita akan melakukan renovasi sekolah, mengadakan kelas motivasi, membagikan perlengkapan sekolah dan kornet Superqurban kepada siswa dan orang tuanya. Aksi hari ini akan kita tutup dengan menggelar Bioskop Desa,” ungkap Nur, Koodinator Relawan Rumah Zakat  Cabang Bandung.

Keesokan harinya, Minggu (30/4), peserta Rona Nusantara meninggalkan Kampung Pasirtaritis menuju ke Gunung Padang dalam rangka travelling. “Sesuai tagline program Rona Nusantara, yaitu Sharing and Travelling, setelah kemarin hari  pertama kita isi dengan berbagai kegiatan berbagi, maka di hari kedua ini kita isi dengan travelling. Tujuan travelling kita kali ini adalah Gunung Padang yang merupakan gundukan dari batuan zaman megalithic” jelas Nur.

Newsroom/Ria Arianti

Cianjur

Tags :
Konfirmasi Donasi