RESUME PEMBERDAYAAN RUMAH ZAKAT PER MEI 2011

Rumah Zakat senantiasa berkomitmen dalam mengusung program Merangkai Senyum Indonesia yang berkonsentrasi pada tiga rumpun program yaitu Senyum Sehat, Senyum Juara dan Senyum Mandiri. Pada bulan Mei 2011, beberapa program reguler maupun non reguler digulirkan melalui tiga rumpun program tersebut di berbagai wilayah Indonesia. Terdapat sekitar 9502 donatur perseorangan, 125 donatur komunitas dan 25 perusahaan nasional termasuk BUMN dan BUMD turut bersinergis dengan Rumah Zakat dalam penyaluran kegiatan CSRnya melalui implementasi program-program tersebut. Secara akumulatif, jumlah Penerima Manfaat (PM) dan Layanan Manfaat (LM) dari program tersebut dari Januari 2011 hingga Mei lalu mencapai 133.761 orang dan 274.818 layanan. Tidak hanya berkonsentrasi pada pemberdayaan masyarakat, Rumah Zakat pun memiliki perhatian khusus pada pengembangan kemampuan SDM pendukungnya melalui 27 pelatihan yang telah diberikan kepada karyawan (amil) di 7 regional.

Program Kemitraan bersama Korporat
Senyum Sehat mengimplementasikan beberapa program reguler seperti Layanan Bersalin Gratis (LBG), Ambulance Ringankan Duka (ARINA) dan non reguler diantaranya Siaga Sehat, Mobil Klinik Sehat Keliling, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Khitanan Massal di berbagai wilayah. Turut pula beberapa mitra dalam program ini diantaranya adalah PT. PGN (Persero), PT. Jakarta International Container Terminal, PT. Indosat, Bank bjb, DKM AHM (Astra Honda Motor) dan PT. Taspen.

Dalam pelaksanaan program reguler Senyum Juara seperti sekolah Juara dan beasiswa Juara, Rumah Zakat bermitra dengan Bazma PT. Pertamina UBEP Jambi, Baitul Mal Muttaqien Telkom Sumatera, PT. Garuda Indonesia, BNI Syariah, The OIC Alliance, Jasa Marga Cirebon, PT. Hariff Daya Tunggal Engineering, PT. Atlas Copco Indonesia dan LAZIS PT. PLN Jakarta Tangerang. Selain berfokus pada program reguler yang telah ada, Senyum Juara juga bersiap menyuguhkan kegiatan liburan yang edukatif dan kreatif bagi para anak asuh Rumah Zakat di seluruh Indonesia, yaitu Kemah Juara. Berbagai persiapan tengah dilakukan untuk menyukseskan kegiatan yang akan dilakukan serentak pada 7-9 Juli 2011 mendatang di 33 kota.

Senyum Mandiri senantiasa berupaya membekali masyarakat untuk dapat mandiri dengan program-program yang difokuskan di wilayah ICD (Integrated Comunity Development). Program Empowering Centre (EC), Pelatihan Kewirausahaan, Bantuan Sarana Usaha, Water Well, Pembibitan Hewan Qurban dan Nikah Massal adalah beberapa program yang telah dilakukan dengan bekerjasama dengan beberapa mitra. Mitra-mitra tersebut diantaranya adalah CIMB Niaga, Bio Farma, PT. PLN (Persero) wilayah Lampung dan PT. P&G Home Product Indonesia.

Pengembangan SDM
Selama bulan Mei lalu, sedikitnya 27 pelatihan diberikan kepada karyawan (amil) Rumah Zakat di berbagai level jabatan yang tersebar di 7 regional. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membekali dan meningkatkan pengetahuan serta motivasi amil untuk bekerja optimal dengan peran yang dimiliki. Pelatihan yang diselenggarakan meliputi Basic Training, Marketing Training, CSR Training, Leadership Building, Konsolidasi hingga Gathering.

Rumah Zakat berharap mampu bekerja sama dengan lebih banyak mitra (perseorangan/komunitas/korporat) dan meningkatkan kinerja untuk dapat mengelola dan menyalurkan dana zakat kepada masyarakat secara optimal. Kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan secara terpadu merupakan tujuan yang hanya dapat dicapai dengan kepedulian dan kerja keras dari berbagai pihak. 

Jakarta, Juni 2011

Rumah Zakat

 

 

 

 

Muhammad Trieha

Corporate Secretary

 

Tags :
Konfirmasi Donasi