RONA NUSANTARA : BAKTI PENDIDIKAN, BAKTI SOSIAL HINGGA TRAVELING KE PANTAI BULUSAN DEMAK

DEMAK. Rumah Zakat kembali menggelar Program Rona Nusantara angkatan 11 di Dusun Ngrapah, Desa Sampang, Kec. Karang Tengah, Kab.Demak, Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti oleh 18 peserta tersebut dilaksanakan pada 23-25 Maret 2018.

Dusun Ngrapah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Rona Nusantara yang memiliki tagline Sharing and traveling ini, karena tingkat ekonomi warga Desa Sampang menengah ke bawah. Selain itu, tingkat pendidikan masyarakat Desa Sampang rata-rata hanya lulusan SD, yaitu sebanyak 54%.

Program Rona Nusantara Rumah Zakat hadir untuk melakukan berbagai aksi berbagi di Desa Sampang melalui Bakti Pendidikan dan Bakti sosial. Para peserta Rona Nusantara melakukan aksi Bakti Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotussibyan, sebanyak 121 siswa mengikuti kegiatan tersebut

“Di kelas kami kami membuat percobaan Sains erupsi gunung merapi. Gunung berapinya di kasih Cuka dan Soda, terus mereka membuatnya dengan semangat sangat antusias sekali,” Ujar Desi, salah satu peserta Rona Nusantara.

Di samping Bakti Pendidikan, para peserta Rona Nusantara melakukan aksi Bakti Sosial, diantaranya Siaga Sehat. Masyarakat Desa Sampang mendapatkan fasilitas kesehatan gratis berupa cek tensi darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu juga, masyarakat di desa tersebut bisa menukarkan sampah palstik dengan bibit tanaman.

Hari terakhir, para peserta melakukan traveling ke Pantai Bulusan, gelagah wangi sekaligus melakukan aksi bersih-bersih pantai dengan memungut sampah disekitaran tepi pantai. Kegiatan Rona Nusantara diakhiri dengan wisata religi di Masjid Agung Demak.

Newsroom
Sri Agustina / Lailatul Istikhomah

 

Tags :
Konfirmasi Donasi