Rona Nusantara adalah salah satu program Rumah Zakat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan berbagi  di desa-desa terpencil di Indonesia, sekaligus mengeksplorasi keindahan alamnya. Dengan konsep Sharing and Traveling, Rumah Zakat mengajak Sahabat refreshing dengan cara yang tidak biasa.

Rona Nusantara telah diselenggarakan di 13 lokasi, yaitu Cianjur (29-30 April 2017), Purwakarta (2-4 Juni 2017) Yogyakarta (9-11 Juni 2017), Lampung (28-30 Juli 2017) , Jombang (11-13 Agustus 2017), Banyuwangi ( 13 – 15 Oktober 2017) dan Banten ( 24 – 26 November 2017), Cianjur (22- 24 Desember 2017), dan Pasuruan (26-28 Januari 2018), Bogor (02 – 04 Maret) , Demak ( 22 – 24 Maret ), Trenggalek (27 – 29 April), Mekarsari (25 – 27  Mei).

Berikut berbagai aktivitas peserta Rona Nusantara:

Syahdunya penerbangan lampion oleh peserta Rona Nusantara

Mengangkut perlengkapan untuk pembangunan MCK

Keceriaan peserta untuk berbagi paket perlengkapan sekolah di Kulonprogo

Peserta berinteraksi dengan warga kampung Karapyak, Purwakarta

Balai Inspirasi untuk para peserta

Kelas Inspirasi untuk anak-anak

Peserta mengikuti outbound Flying Fox

Kegiatan Bakti Pendidikan di SDN 1 Sukomulyo

Sholat berjamaah di alam

Keseruan travelling di Pulau Tegal Lampung

Pojok Baca untuk anak – anak SDN Nampu

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

“Kegiatan ini seru sekali. Saya mendapatkan banyak pelajaran dengan mengikuti kegiatan Rona Nusantara ini. Saya belajar untuk mensyukuri banyak hal yang telah saya miliki. Hal-hal yang selama ini saya anggap biasa, ternyata bagi orang menjadi sangat luar biasa. Semoga saya bisa ikut lagi,” ungkap Auliya, salah satu peserta Rona Nusantara 1 asal Sumedang.

Kisah lengkap Rona Nusantara angkatan 1 – 10 bisa Sahabat lihat di Channel Youtube Rumah Zakat.

Klik disini 

Halo Sahabat, Rona Nusantara kembali lagi nih. Sekarang Rona Nusantara Special kemerdekaan akan di gelar di Kota Serambi Mekah tepatnya di Desa Ie Jeureungeh kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya pada tanggal 17 – 19 Agustus 2018. Sudah tidak sabar merayakan Kemerdekaan di Kota Serambi Mekah?

 

Desa Ie Jeureungeh terletak dipedalaman kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya dengan jumlah penduduk sebanyak 315 jiwa yang mayoritas warganya bermata pencaharian petani dan peternak.

Masalah social yang mucul di Desa Ie Jeureungeh adalah tingkat pendidikan yang masih rendah.  Desa Ie Jeureungeh hanya memiliki TK/PAUD dan SD/MI. Untuk melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi lagi, anak anak harus menempuh perjalan jauh.

Di desa ini Perona akan diajak berbagi dan merayakan kemerdekaan bersama siswa SDN 12 Sampiniet dengan menggelar kelas sains dan outbond kemerdekaan. Juga mendirikan perpustakaan mini serta menggelar pelayanan kesehatan untuk warga desa.

Selain berbagi di desa Ie Jeureungeh, Perona juga akan diajak untuk menikmati keindahan air terjun geuredong dengan bermain tubing, memandikan gajah dan menunggangi gajah menikmati tempat penangkaran gajah di Conservation Respon Unit (CRU) dan terakhir shalat berjamaah di Mesjid kebanggaan masyarakat Aceh Mesjid Raya Baiturrahman.

*Masa Pendaftaran Rona Nusantara Special Kemerdekaan:  2 – 26 Juli 2018

 Sahabat bisa langsung mendaftar dengan biaya kontribusi Rp500.000, biaya ini mencangkup biaya akomodasi, transport dari meeting point (Mesjid Raya Baiturrahman), makan, dan infak. Pengumuman peserta pada tanggal 31 Juli 2018.