Rona Nusantara adalah salah satu program Rumah Zakat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan berbagi  di desa-desa terpencil di Indonesia, sekaligus mengeksplorasi keindahan alamnya. Dengan konsep Sharing and Traveling, Rumah Zakat mengajak Sahabat refreshing dengan cara yang tidak biasa.

Rona Nusantara telah diselenggarakan di 11 lokasi, yaitu Cianjur (29-30 April 2017), Purwakarta (2-4 Juni 2017) Yogyakarta (9-11 Juni 2017), Lampung (28-30 Juli 2017) , Jombang (11-13 Agustus 2017), Banyuwangi ( 13 – 15 Oktober 2017) dan Banten ( 24 – 26 November 2017), Cianjur (22- 24 Desember 2017), dan Pasuruan (26-28 Januari 2018), Bogor (02 – 04 Maret) , Demak ( 22 – 24 Maret )

Berikut berbagai aktivitas peserta Rona Nusantara:

Syahdunya penerbangan lampion oleh peserta Rona Nusantara

Mengangkut perlengkapan untuk pembangunan MCK

Keceriaan peserta untuk berbagi paket perlengkapan sekolah di Kulonprogo

Peserta berinteraksi dengan warga kampung Karapyak, Purwakarta

Balai Inspirasi untuk para peserta

Kelas Inspirasi untuk anak-anak

Peserta mengikuti outbound Flying Fox

Kegiatan Bakti Pendidikan di SDN 1 Sukomulyo

Sholat berjamaah di alam

Keseruan travelling di Pulau Tegal Lampung

Pojok Baca untuk anak – anak SDN Nampu

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

“Kegiatan ini seru sekali. Saya mendapatkan banyak pelajaran dengan mengikuti kegiatan Rona Nusantara ini. Saya belajar untuk mensyukuri banyak hal yang telah saya miliki. Hal-hal yang selama ini saya anggap biasa, ternyata bagi orang menjadi sangat luar biasa. Semoga saya bisa ikut lagi,” ungkap Auliya, salah satu peserta Rona Nusantara 1 asal Sumedang.

Kisah lengkap Rona Nusantara angkatan 1 – 10 bisa Sahabat lihat di Channel Youtube Rumah Zakat.

Klik disini 

Kali ini, Rona Nusantara angkatan ke-12 akan digelar  di Desa Depok, Kec. Bendungan, Kab. Trenggalek – Jawa Timur pada 27 – 29 April 2018

Mayoritas masyarakat Desa Depok, Kec. Bendungan, Kab. Trenggalek  bermatapencaharian sebagai sebagai petani, pekebun, dan peternak sapi dan kambing. Masyarakat di Desa Depok sendiri lebih tertarik untuk bekerja selepas lulus SD daripada harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan alasan akan lebih cepat menghasilkan uang.

Di Desa Depok terdapat sebuah lokasi wisata bernama Kedung Putri Maron. Lokasi wisata ini baru berdiri 4 bulan yang lalu. Meski tergolong baru,  wisata Kedung Putri Maron cukup menarik minat para wisatawan.

Di Desa Depok inilah Sahabat Perona akan diajak untuk berbagi, memberikan edukasi mengenai lingkungan, melakukan bakti pendidikan, melakukan bakti sosial dan juga bakti wisata.

Setelah melakukan kegiatan berbagi dan melakukan berbagai kegiatan bakti, peserta perona akan disuguhkan dengan pengalaman melakukan clean up menarik sekaligus berwisata di Pantai Mutiara.

*Masa Pendaftaran Rona Nusantara Angkatan 12 :  22 Maret – 11 April 2018

Sahabat bisa langsung mendaftar dengan biaya kontribusi Rp500.000, biaya ini mencangkup biaya akomodasi, transport dari meeting point (Rumah Zakat Kediri), makan, dan infak. Pengumuman peserta pada tanggal 16 April 2018

Mari daftarkan diri Sahabat sekarang juga!