RUMAH BACA BINAAN RUMAH ZAKAT ISI KEGIATAN POSITIF REMAJA

KARANGANYAR. Suasana ramai terdengar menghiasi Rumah Baca binaan Rumah Zakat selama libur sekolah di Dukuh Kutukan Wetan, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sabtu (23/12). Kehadiran Rumah Baca di Dukuh Kutukan Wetan dirasakan banyak kemanfaatannya, sebagai alternatif kegiatan positif bagi anak anak dan remaja untuk membudayakan semangat membaca & belajar.

“Kita ingin menumbuhkan tradisi membaca dikalangan anak-anak dan remaja agar cerdas sekaligus untuk mengisi waktu luang dalam rangka mengurangi kenakalan remaja,” jelas Ihwan Mujahid fasilitator Rumah Zakat.

Terdapat puluhan buku baru di Rumah Baca tersebut. Puluhan buku dengan berbagai judul dibawa oleh fasilitator Rumah Zakat, hal ini menjadi motivasi bagi anak-anak dan remaja untuk rutin datang selama liburan sekolah. Selain buku, terdapat juga rak, meja untuk membaca serta tikar baru untuk kegiatan-kegiatan di Rumah Baca.

Rumah baca merupakan bagian dari kegiatan yang berlangsung di basecamp “Rumah Pintar”. Rumah Pintar telah diresmikan beberapa bulan yang lalu dan sudah berlangsung berbagai macam kegiatan seperti bimbingan belajar setiap Hari Sabtu, dan pelatihan bahasa jawa dua pekan sekali.

Rumah baca yang berada di pojok Rumah Pintar menyediakan koleksi buku-buku pelajaran TK-SMA, bank soal maupun majalah fiksi dan non fiksi untuk anak dan remaja. “Kedepannya akan dilengkapi dengan koleksi buku yang lain sehingga mampu menjadikan referensi utama belajar anak dan remaja dukuh Kutukan Wetan dan Desa Ngadiluwih,” kata Ihwan.

Kegiatan rumah baca yang merupakan bagian dari Rumah Pintar ini adalah sinergi program antara fasilitator Rumah Zakat dan Karang Taruna Kute Abadi Dukuh Kutukan.

“Mudah-mudahan kehadiran rumah baca ini bisa mengarahkan kegiatan positif bagi anak serta remaja. Karena tantangan anak-anak sekarang sangat besar yatiu dari tayangan TV dan pengaruh internet. Semoga adanya rumah baca ini menjadikan anak-anak pintar dan berakhlak mulia,” tutur Farah salah satu remaja anggota karang taruna.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Karanganyar

Tags :
Konfirmasi Donasi