RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK

RUMAH ZAKAT ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIKJAKARTA. Jumat, (21/04) Rumah Zakat Matraman menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik yang mengundang semua entitas program dengan mengirimkan 2 orang perwakilan. Hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi para amil agar lebih paham mengenai peranan media, sehingga bisa mempublikasikan setiap kegiatan sesuai bidangnya dengan baik.

Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 10.00-17.00 WIB dan diisi oleh pakar jurnalis sekaligus owner publikjurnalistik.org, yaitu Masud Khan. Acara ini diikuti oleh 20 orang peserta dari berbagai Entitas Program Rumah Zakat, seperti  IJF, MDI, CSF, KRN dan RBG.

Kegiatan diawali dengan materi tentang bagaimana cara menulis berita yang baik, pemateri  mengajak peserta untuk menggali rumus 5W+1H. Setiap berita yang akan diangkat harus memenuhi unsur 5W+1H, yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa) dan how (bagaimana). Pembicara juga memberi kesempatan kepada peserta untuk mengungkapkan apa yang menjadi kendala dan kesulitan saat membuat berita.

“Jangan takut salah untuk menulis, karena membuat berita itu membutuhkan proses. Kita akan menjadi bisa karena terbiasa. Maka, biasakanlah menulis.” Jelas Masud Khan.

Belajar membuat berita harus diawali dengan tanggap dan peka melihat setiap peristiwa di sekitar lingkungan. Setelah melihat ada kejadian yang menarik dan unik untuk diberitakan, langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan semua ide atau peristiwa tersebut melalui tulisan.

Di sesi akhir, pemateri memberikan tugas kepada para peserta untuk membuat berita tentang pelatihan yang sedang dilaksanakan dengan durasi waktu selama 15 menit. Pembicara membagi peserta menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari empat orang. Hasil tulisan yang dibuat oleh setiap kelompok dibahas satu persatu. Kesalahan dalam penulisan langsung diperbaiki dan dijelaskan oleh pembicara saat itu juga. Reward diberikan pada kelompok yang terbaik dalam menulis berita.

Sebelum pelatihan ditutup, Nur Luthfiyana selaku Branch Manager Matraman berpesan kepada para peserta untuk mulai belajar menulis dan mempublikasikan setiap kegiatan di bidangnya masing-masing. “Selama ini kita masih minim publikasi, padahal kegiatan rekan-rekan dari setiap entitas sangat banyak. Setelah ini kami menunggu tulisan sobat pejuang semuanya,” pesannya sebelum acara ditutup.

Newsroom/Dian Ekawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi