RUMAH ZAKAT AJAK MASYARAKAT TERAPKAN POLA MAKAN SEHAT

YOGYAKARTA. “Makanlah makanan yang kamu sukai tapi juga yang dibutuhkan tubuh.” Pesan ini mengawali penyuluhan kesehatan tentang pemilihan makanan sehat di PKK RW 2 Patehan. Pada Rabu Sore (04/10), PKK RW 2 Patehan bersinergi dengan fasilitator desa berdaya Rumah Zakat untuk desa Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Edy Dwi Daryapto menghadirkan penyuluhan tentang makanan sehat. Penyuluhan kali bertujuan untuk meluruskan mindset mengenai makanan, dimana kini makanan bukan lagi untuk pemenuhan kesehatan tapi lebih pada pemuas keinginan.

Makanan juga memiliki nilai ekonomi. Tampilannya yang menarik dan unik, juga rasanya yang membuat penasaran dan ketagihan menjadikan kita tertarik untuk menikmatinya. Kenyataannya, nilai ekonomi makanan jauh lebih menguasai daripada yang dapat kita melihat.

Makanan pun terus berkembang. Yang sebelumnya Nature Food (makanan alami) mendominasi, kini sebaliknya, Culture Food (makanan kultur/tren) yang merajai. Ini tampak dari kecenderungan masyarakat mengikuti tren makanan yang ada atau yang ramai di media sosial. Culture food ini kemudian memunculkan culture disease, atau bisa kita sebut dengan penyakit zaman ini.

Menurut riset kesehatan terbaru, hari ini banyak orang meninggal karena penyakit yang terkait dengan permasalahan pembuluh darah dan kanker, di antaranya: hipertensi, diabetes, dan stroke, juga gagal ginjal. Padahal 40-50 tahun yang lalu, penyakit terbesar di Indonesia adalah ISPA dan gastrointestinal (pencernaan). Sekarang berubah drastis. Kita memiliki penyakit seperti yang ada di negara-negara adidaya (AS dan Eropa) dengan tingkat ekonomi dan sumber daya kesehatan kita masih jauh tertinggal. Ternyata evolusi makanan berimbas pada evolusi penyakit dan 70% kesehatan bergantung pada pola makan kita.

Di akhir penyuluhan, fasilitator Rumah Zakat berpesan, “Kita adalah apa yang kita makan (dan minum). Atur makanan kita, insya Alloh kan didapatkan tubuh yang sehat dan manfaat.”

“Terima kasih dari Rumah Zakat dalam penyampaian pemilihan makanan sehat. Sangat bermanfaat. Semoga ibu-ibu lebih jeli dalam memilih menu makanan untuk keluarga,” pungkas Ibu Hj. Hertien Sri Sulistianingsih, Ketua PKK RW 2 Patehan.

 

Newsroom/Dani Suhardi
Yogyakarta

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi