RUMAH ZAKAT AJAK PEREMPUAN PEDULI LINGKUNGAN DI RUMAH ZAKAT FAIR

RZ_fair_cabang_bdgBANDUNG. Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Rumah Zakat mengadakan kegiatan bertajuk “Rumah Zakat Fair” yang mengajak perempuan untuk peduli lingkungan, Jumat (8/3). Dalam acara tersebut diadakan pelatihan pengelolaan sampah Rumah Tangga dengan menggunakan Takakura, pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pemeriksaan kesehatan gratis, dan pembagian paket gratis bagi masyarakat.

“Di hari perempuan internasional yang jatuh pada 8 Maret ini kami ingin mengajak para perempuan di sekitar Rumah Zakat untuk bersama-sama lebih mencintai lingkungannya. Selain itu kami pun memberikan layanan kesehatan gratis serta paket makanan untuk masyarakat,” ujar Public Relation Rumah Zakat Rachmatullah Oky.

Menurut Oky, Rumah Zakat melalui gerakan BIG SMILE Indonesia memiliki serangkaian program yang mendukung upaya pemberdayaan perempuan mulai dari pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi. Di bidang pendidikan pada tahun 2012 angka partisipasi sekolah SD Juara sebanyak 1.418 anak dan SMP Juara sebanyak 198 anak. Adapun total siswa sebanyak 1.616 anak dengan proporsi siswa laki-laki 872 anak dan siswa perempuan 744 anak (46%).

Di bidang ekonomi, ada intervensi program Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) dan Bantuan Sarana Usaha. Sebanyak 666 orang atau 69,59% dari total peserta KUKMI adalah perempuan. “Sementara untuk kesehatan, Rumah Zakat menyediakan layanan bersalin gratis bagi ibu hamil. Di tahun 2012, Rumah Zakat telah membantu 1647 kelahiran,” ungkap Oky.***

Newsroom/Agustin Santriana
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi