BANDUNG. Pesantren Ulul Albab yang beralamat di Jl. Wiradisastra No. 7 Sadakeling Bandung itu sudah berdiri sejak 40 tahun silam. Namun kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Berdindingkan bilik bambu dengan luas bangunan 12×12 meter persegi. Di dalam pesantren itu terbagi dari beberapa ruangan kamar tidur yang berukuran tidak lebih dari 2×2 meter persegi yang ditempati 8 orang santri dengan kondisi seadanya.

Jika malam tiba para santri tidur dimana saja yang penting bisa memejamkan mata, sekalipun di atas lemari menjadi pemandangan memprihatinkan. Pesantren yang dihuni oleh sekitar 150 santri terdiri dari anak yatim piatu mulai dari anak-anak sampai dewasa dan tidak dipungut biaya sepeserpun selama mengikuti pendidikan.

Namun sekarang tinggal menghitung hari saja. Para santri akan merasakan kenyamanan dibanding sebelumnya. Sudah dua pekan Rumah Zakat membongkar asrama lama dan diganti dengan gedung yang layak untuk para santri.

Asrama yang baru akan dibangun 2 lantai dengan luas kamar tidur 2 kali lebih besar dari sebelumnya. Pembangunan asrama ini ditargetkan akan selesai bukan depan. “Harapannya ini bisa memberi kenyamanan kepada para santri dalam menuntut ilmu di sini,” ujar Suliastomo, Program of Regional Jabar yang juga PIC pembangunan, Selasa (13/4).***

Newsroom/Yudi Juliana
Regional JABAR