RUMAH ZAKAT BANGUN WATER WELL UNTUK KORBAN GEMPA LOMBOK DI DESA GUMANTAR

LOMBOK. “Matur Tampiasih (Terimakasih) Rumah Zakat atas keinginannya membuat Water Well di Dusun ini, kami sangat bersyukur,” ucap Jumaji tokoh pemuda Dusun Dasan Beleq, Desa Gumantar Kec. Kayangan Lombok Utara kepada Relawan Rumah Zakat pada saat mengantarkan material pembangunan water well, Rabu (29/08).

Dusun Dasan Beleq adalah salah satu dusun di Lombok selain Sade yang terkenal akan kekhasan budaya leluhurnya. Mereka biasanya hidup di sebuah gubuk kecil dengan material bambu dan batu tanpa campuran semen. Unik bukan ?Dengan segala keunikannya itu, Dusun paling terpelosok di Gumantar tersebut tidak terlepas dari amukan alam, 7.0 Skala ritcher, Ahad malam (5/8), sekitar 35 rumah hancur luluh lantah dalam sekejap mata.

“Malam itu”,kata salah seorang warga, mereka sedang larut bahagia syahdu menonton Motor Gp. Kebahagiaan itu tiba-tiba remuk, goncangan hebat dibawah telapak kaki mereka semakin menjadi-jadi, puncaknya rumah tempat mereka meluangkan kegembiraannya ikut roboh menimbun 7 orang di dalamnya.

Goncangan dasyat itu juga turut menghancurkan 3 Water Well umum yang warga miliki. Mereka kini hanya untuk buang air besar saja harus berjalan turun naik 1 Km jauhnya, pipa air bersih yang tak kunjung bisa diperbaiki menambah deret masalah yang mereka hadapi.

“Alhamdulillah Rumah Zakat akan membangun Water Well di dusun ini, mudah-mudahan mampu menyelesaikan problematika masyarakat Dusun Dasan Beleq,” ujar Herlan, Relawan Rumah Zakat.

Newsroom
Yadi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi