RUMAH ZAKAT BERBAGI STIKER ‘RUMAH BEBAS ROKOK’

stiker HTTS 2 soloSOLO. Memperingati hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) yang jatuh pada tanggal 31 Mei, Rumah Zakat cabang Solo melakukan stikerisasi & posterisasi kawasan bebas asap rokok di wilayah binaan, Kamis, (30/5). Tujuan dari aksi ini adalah untuk mengajak masyarakat agar menjauhkan rumahnya dari asap rokok. Di dalam rumah tentu ada anggota keluarga lainnya, dan mereka tidak sepantasnya mendapatkan kerugian dari rokok yang tidak mereka hisap.

Dalam aksi ini dibagikan stiker untuk rumah-rumah yang bebas dari asap rokok serta menempel beberapa poster edukasi berhenti merokok pada area-area publik. Dijelaskan oleh Joko Adiyanto selaku penggagas aksi tersebut, “Kami nantinya akan memberikan apresiasi bagi keluarga yang bebas asap rokok sebagai keluarga pelopor kesehatan & lingkungan hidup. Bagi yang masih merokok, kami fasilitasi dengan terapi berhenti merokok secara berkala.”

Aksi ini dilaksanakan di Kampung Binaan Rumah Zakat yakni Kampung Ngemplak Sutan Rt 4, Rw 29, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres (ICD Jebres). Alasan pemilihan lokasi tersebut menurut Anto, karena wilayah tersebut merupakan pemukiman padat penduduk yang heterogen. Mulai dari balita, anak-anak, hingga ibu hamil semuanya ada disini. “Intinya, kami ingin memulainya dari tingkat terkecil dulu, yakni setingkat RT” terangnya.

Sebagai acara pamungkas dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini Minggu (2/6), Rumah Zakat bersama Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Institusi Kesehatan lainnya mengadakan “Kampanye Stop Merokok” dan beberapa acara pendukung lainnya. Diantaranya, konsultasi kesehatan paru, konsultasi berhenti merokok & sweaping perokok di area Car Free Day (CFD) Solo.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat mulai menyadari akan manfaat yang akan diperolehnya jika berhasil meninggalkan rokok. Selain akan berdampak pada keuangan keluarga pastinya juga akan berdampak pada kesehatan masyarakat. ”Dan kami ingin seluruh elemen masyarakat mendukung upaya positif ini demi masa depan generasi muda yang lebih baik,” ungkap Joko Adiyanto. ***

 

Newsroom/Joko Adiyanto

Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi