RUMAH ZAKAT BERDAYAKAN BU NARTI DALAM BERBISNIS

PEMALANG. Bu Narti merupakan warga RT 03 RW 02 Desa Semingkir, kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah yang menjadi penerima manfaat program senyum mandiri yang digalakan oleh fasilitator Rumah Zakat. Sudah lebih dari setahun sejak hadirnya Rumah Zakat di RW 02 ia menjadi binaan Rumah Zakat. Berbagai kendala yang ada ia utarakan kepada Rumah Zakat, diantaranya terkendala dengan modal produksi.

Dengan program senyum mandiri, dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan jangkauan pemasaran, Rumah Zakat memberikan bantuan modal produktif agar usahanya bisa berkembang. Sejak mendapatkan bantuan modal produksi, proses produksi bisa berlangsung setiap hari. Sebelumnya masih tersendat-sendat, kadang produksi, kadang tidak.

Selain itu, proses produksi yang tadinya hanya menghabiskan tepung 3 kg, sekarang naik menjadi 5 kg per hari bahkan sampai 7 kg seharinya. Membuat kue adalah pekerjaan utama bagi Bu Narti. Suaminya bekerja serabutan di Jakarta. Tak hanya donat, berbagai jajanan kue basah maupun kering, bisa dibuatnya. Ada roti bolu, stick, putri ayu, biji ketapang, kue lapis, dan lain-lain.

Proses produksi dibuat secara fresh setiap harinya, dari jam 03.00 dini hari, lalu dipasarkan sendiri dari jam 6.00 sampai jam 08.00 pagi. Karena wilayah pemasaran masih seputar desa Semingkir, dan ini erat kaitannya dengan daya beli masyarakat desa, maka harga jualnya pun hanya seribu rupiah per buah. Besarnya keuntungan yang ia dapat berkisar 20% dari harga, tetapi ia tidak menghitung tenaganya sendiri. Donat yang ia produksi mampu bertahan 2-3 hari. Adapun kue-kue kering bisa bertahan 1-2 bulan.

Dengan pembinaan yang rutin, semangat jualan bu Narti semakin tertata. “Tantangan ke depan adalah bisa merekrut orang yang bisa dijadikan mitra yang bersedia memasarkan hasil produksi saya, sehingga wilayah pemasaran semakin luas, kapasitas produksi jadi bertambah” kata bu Narti. “Terima kasih Rumah Zakat.” Pungkasnya.

 

 

Newsroom/Ratih
Pemalang

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi