RUMAH ZAKAT BERIKAN BANTUAN MODAL & SARANA USAHA UNTUK USAHA KRUPUK KLEJAT

SERANGAN. (06/03) Rumah Zakat memberikan bantuan modal kepada kelompok usaha kerupuk klejat (siput laut), yang diwakili oleh Arzam, seorang pemuda asli kampung bugis Serangan.

Sejak dulu, kerupuk klejat adalah makanan khas desa serangan. Tidak mengherankan bila kerupuk klejat menjadi salah satu usaha rumah tangga yang paling banyak dilakoni oleh ibu-ibu di Desa Serangan.

“waktu harga bahan bakunya mahal, banyak yang berhenti, tidak lagi buat kerupuk karena takut rugi”, begitu kata Arzam, salah satu orang yang masih bertahan dengan usaha kerupuk klejat ini, meski produksinya kecil-kecilan.

“sayang kalau berhenti, ini kan ciri khas serangan,” begitu katanya ketika ditanya mengapa masih bertahan.

Para pedagang kecil di kampung serangan memang harus ekstra bekerja keras, karena mereka harus bersaing dengan kerupuk klejat yang dijual restoran-restoran milik orang cina yang menjadi pendatang di daerah wisata serangan ini, dengan kualitas kemasan dan pemasaran yang lebih bagus tentunya.

Melihat kondisi ini, heri, selaku fasilitator dari rumah zakat, tertarik untuk ikut andil bukan hanya sekedar memajukan usaha warga melainkan upaya untuk menjaga ciri khas desa.

Melalui program pemberdayaan ekonomi, Rumah Zakat memberikan bantuan modal serta sarana usaha. Harapannya bantuan ini dapat meningkat kualitas dan kuantitas produksi kerupuk klejat warga kampung bugis desa serangan, serta mampu bersaing dengan restoran-restoran yang ada di desa, dan yang terpenting kerupuk yang menjadi ciri khas desa masih dapat dipertahankan.

Newsroom
Tri Prasetyo/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi