RUMAH ZAKAT BERIKAN PINJAMAN BERGULIR UNTUK PEMBELIAN PUPUK KEPADA PETANI BANJARANYAR

TEGAL. Bertempat di kediaman ketua kelompok tani Bhakti Karya, Rumah Zakat diwakili oleh fasilitator Rumah Zakat memberikan pinjaman bergulir kepada tujuh petani Banjaranyar untuk pembelian pupuk pertanian, Jumat (22/9).

Di Dukuh Gayam, sebagian besar petani merupakan petani penggarap. Salah satu masalah petani penggarap termasuk petani di Dukuh Gayam adalah keterbatasan modal untuk mengolah sawah. Tidak sedikit dari mereka, harus berhenti “nggarap” karena modal yang tidak ada. Sementara sebagian yang lain tetap bertahan “nggarap” sawah meski modal untuk mengolahnya dengan cara berhutang. Termasuk berhutang untuk mendapatkan pupuk yang selisih harga per kantongnya sampai Rp 55.000,00.

Dari kondisi tersebut, Mba Miska selaku fasilitator bersama ketua kelompok tani dan ketua RT setempat beserta beberapa petani menginisiasi berdirinya koperasi tani yang merupakan anak cabang dari program Rumah Tani guna memberikan pinjaman uang untuk pembelian pupuk tanpa bunga.

“Kalau Rumah Zakat buat program pinjaman tanpa bunga, saya yakin program ini akan sangat “digandrungi” para petani. Karena bagi petani, pupuk adalah kebutuhan yang tidak bisa dielakkan. Insya Allah program ini akan membantu para petani,” tutur Pak Dulhadi selaku ketua kelompok tani saat fasilitator silaturrahim ke kediaman beliau.

Newsroom/Kuna
Tegal

Tags :
Konfirmasi Donasi